PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK, DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI TOKO WILLBOZ KOTA KEDIRI
DOI:
https://doi.org/10.29407/p46pgq66Keywords:
kualitas produk, citra merek, lokasi, outdoor, willbozAbstract
Studi ini meneliti dampak citra merek, kualitas produk, dan lokasi terhadap kepuasan konsumen di toko outdoor willBOZ Kediri, baik secara parsial maupun bersamaan. Metode kuantitatif kausalitas digunakan dengan penyebaran kuesioner kepada 140 responden. Hasil studi membuktikan jika variabel citra merek, kualitas produk, dan lokasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen secara parsial maupun simultan. Kebaruan penelitian terletak pada fokusnya terhadap toko outdoor lokal yang belum banyak diteliti, khususnya dalam menganalisis interaksi ketiga faktor tersebut. Temuan ini memberikan kontribusi praktis bagi pelaku bisnis UKM di sektor retail outdoor untuk meningkatkan strategi pemasaran berbasis citra merek, kualitas produk, dan penentuan lokasi. Selain itu, penelitian ini memperkaya literatur pemasaran dengan model analisis kepuasan konsumen yang dapat diaplikasikan pada usaha sejenis.
References
[1] H. Purnomo, S. Dodi Kusuma Hadi, R. Sigit, and Z. Badrus, “Peran Harga, Fasilitas Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Hotel Lotus Garden & Resort Kediri,” Manova J. Manaj. Dan Inov., vol. 6, no. 2, pp. 48–62, 2023.
[2] H. Soejoko, Dodi Kusuma Hadi; Purnomo, Hukum Bisnis, 1st ed., vol. 1, no. 1. Bandung: Media Sains Indonesia, 2025.
[3] H. Purnomo, Manajemen Logistik Dan Rantai Pasokan, 1st ed., vol. 1, no. 1. Bandung: Media Sains Indonesia, 2025.
[4] Samari, D. K. H. Soejoko, S. Ratnanto, C. P. P. Alam, and H. Purnomo, “The role of consumer satisfaction on the culinary business prospects of potato donuts,” Enrich. J. Manag., vol. 13, no. 3, pp. 1716–1725, 2023.
[5] T. F. Febriana, G. Ernestivita, and Suhardi, “Pelayanan , Citra Merk , Dan Harga Pada Umkm Sambal Pecel Mbak Ti,” Semin. Nas. Manajemen, Ekon. dan Akuntasi Fak. Ekon. dan Bisnis UNP Kediri UPAYA, pp. 440–445, 2022.
[6] R. R. Laili and C. Canggih, “Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Label Halal Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Body Lotion Citra (Studi Kasus Mahasiswa Surabaya),” J. Ekon. Syariah Teor. dan Terap., vol. 8, no. 6, p. 743, 2021.
[7] O. D. Magdalena and H. Purnomo, “Analisis Kepuasan Konsumen Dari Persepsi Harga, Kualitas Produk Dan Pelayanan Penjualan Terhadap Rumah Bibit Buah Sigit Nganjuk,” no. 76, pp. 1135–1144, 2024.
[8] E. Asti and E. Ayuningtyas, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen,” EKOMABIS J. Ekon. Manaj. Bisnis, vol. 1, no. 01, pp. 1–14, 2020.
[9] E. O. Trismaya, “Konsumen ( Studi Kasus Pada Warung Makan Pak Rakim Ds . Mlorah Kec . Rejoso ),” no. September, pp. 24–33, 2024.
[10] N. Siregar, M. Elfikri, and R. P. Daulay, “Pengaruh Lokasi. Promosi, Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Pengunjung Kawasan Ekowisata Tangkahan Kabupaten Langkat),” Ekowisata Tangkahan Kabupaten Langkat) .SOSEK, vol. 3, no. 1, pp. 1–9, 2022.
[11] A. Rachman, E. Yochanan, A. I. Samanlangi, and H. Purnomo, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, 1st ed. Kerawang: CV Saba Jaya Publisher, 2024.
[12] H. Mansandra, T. Chandrayanti, ; Meri, and D. Anggraini, “Pengaruh Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Resto Incim Alahan Panjang,” Jm, vol. 5, no. 1, p. 17, 2022.
[13] R. Daga, Buku 1, Citra,Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan, no. May. GLOBAL RESEARCH AND CONSULTING INSTITUTE, 2017.
[14] D. N. Pane, W. Dayu, and H. Nurul, Determinasi Minat Beli Konsumen. Serasi Media Teknologi, 2024.
[15] Mujito, Riset Pemasaran: Memahami Pasar dan Konsumen dengan Data, Pertama. kab. banyumas: Wawasan Ilmu, 2024.
[16] Sugiyono, metode kuantitatif, metode kualitatif, Research and Development. bandung: alphabet., 2019.
[17] S. H. Sahir, Metodologi Penelitian, Cetakan I. jogjakarta: Penerbit KBM Indonesia, 2021.
[18] Imam Ghozali, Partialleast Souares L Konsep Teknik Dan-Aplikasi- Menggunakan Program martPLS SmartPLS versi 4, 1st ed. Semarang: Yoga Pratama, 2023.
[19] Imam Ghozali, Aplikasi Anal Isis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26 IBM" SPSS" Statistics », 10th ed. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2021.
[20] V. M. Ekowati, A. S. Supriyanto, Y. D. Fatmawati, Z. Mukaffi, and Setiani, “An Empirical Effect of Workloads on Employee Satisfaction: Mediating by Work Environment,” J. Southwest Jiaotong Univ., vol. 56, no. 1, 2021.
[21] A. Wardhana, Brand Management In The Digital Era – Edisi Indonesia. purbalingga: EUREKA MEDIA AKSARA, 2024.
[22] N. A. B. Ratna Dewi Untari, Waluyo Budi Atmoko, “Pengaruh Citra Rumah Sakit, Nilai Persepsian dan Kelekatan Merek Secara Emosional Pada Perilaku Memilih Rumah Sakit,” Repostory Univ. Tidar, no. September, pp. 268–277, 2021.
[23] C. M. S. Veronica and H. Purnomo, “PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PONSEL IPHONE,” Performa, vol. 3, pp. 919–927, 2024.
[24] I. Sakbania, Sugiono, and Hery Purnomo, “Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen PADA CV. HALBANERO,” BIMA J. Bus. Innov. Manag., vol. 3, pp. 430–439, 2024.
[25] V. N. Rembet, L. Mananeke, and S. S. Loindong, “Pengaruh Service Performance, Kepercayaan, Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Sulutgo Cabang Beo Effect of Service Influence, Trust, and Location of Customer Satisfaction of Bank Sulutgo Branch of Beo,” J. EMBA, vol. 8, no. 3, pp. 332–343, 2020.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Moch Ilham Bachtiar, Hery Purnomo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
