PERAN TEKNOLOGI DIGITAL DALAM MEMBANGUN MODEL BISNIS BERKELANJUTAN PADA UMKM DI ERA INDUSTRI 4.0
DOI:
https://doi.org/10.29407/hg4a7q95Keywords:
transformasi digital, UMKM, keberlanjutan, model bisnis, inovasi inklusifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran teknologi digital dalam membangun model bisnis berkelanjutan bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di era Industri 4.0. Dengan menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif, penelitian dilakukan pada beberapa UMKM di wilayah Kediri yang telah mengadopsi teknologi digital dalam operasional bisnisnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi digital mampu meningkatkan efisiensi operasional, memperluas akses pasar, serta mendukung praktik bisnis yang lebih ramah lingkungan dan inklusif secara sosial. Meskipun terdapat tantangan seperti keterbatasan infrastruktur dan rendahnya literasi digital, strategi kolaboratif serta kebijakan yang mendukung dapat mempercepat proses transformasi digital UMKM. Penelitian ini memberikan wawasan praktis bagi pelaku UMKM serta rekomendasi kebijakan untuk mendorong digitalisasi sebagai jalan menuju keberlanjutan bisnis yang mencakup dimensi ekonomi, sosial, dan lingkungan.
References
[1] Purnomo H. Manajemen Logistik Dan Rantai Pasokan. vol. 1. 1st ed. Bandung: Media Sains Indonesia; 2025.
[2] Purnomo HSF. Marketing Efforts Through Social Media On Brand Equity And Consumer Behavior. Int J Econ Lit 2024;2:3092–102.
[3] Junaidi M. Teknologi Hijau dan Bisnis UMKM: Peluang Efisiensi Energi. J Ekon Lingkung 2015;4:101–12.
[4] Kagermann H, Wahlster W, Helbig J. Recommendations for Implementing the Strategic Initiative INDUSTRIE 4.0. 2013.
[5] Saleh RZ, Darmawan I, Studi P, Sistem M, Fakultas I, Industri R, et al. blockchain dalam bidang pendidikan 2025;19:29–37.
[6] OECD. Digital Transformation in SMEs. OECD Publishing; 2020.
[7] Ma’arif R. M. S. Inovasi Teknologi Digital dalam Model Bisnis UMKM. J Manaj Teknol 2021;20:134–42.
[8] Hendra B, Pratama S. Strategi Meningkatkan Kesiapan Pasar Industri Indonesia di Era 2024;1:71–82.
[9] Penulis T, Elfa Y, Rahmantya K, Mas Bakar R, Nizam A, Huda M, et al. STRATEGI PEMASARAN & PERILAKU KONSUMEN. n.d.
[10] Sailendra W, Santoso HB, Andriani D. Internet of Things dalam Praktik Bisnis UMKM. J Teknol Dan Bisnis 2021;11:102–14.
[11] Forijati R, Anas M, Rosidhah E. Pengembangan Inovasi Pembelajaran Ekonomi Mikro dengan Model ADDIE. Semin. Nas. Manajemen, Ekon. dan Akunt., vol. 5, 2020, p. 265–73.
[12] Chaffey D, Ellis-Chadwick F. Digital Marketing: Strategy, Implementation, and Practice. Pearson Education Limited; 2019.
[13] Ranjani E, Fasa MI, Susanto I. IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI INDONESIA IMPLEMENTATION OF DIGITAL MARKETING AS A MARKETING STRATEGY TO IMPROVE THE COMPETITIVENESS OF UMKM IN 2024:7443–52.
[14] Li L, Su F, Zhang W, Mao JY. Digital transformation and business model innovation: A mediating role of dynamic capabilities. Sustainability 2021;13:1410. https://doi.org/10.3390/su13031410.
[15] Sailendra D, others. Transformasi UMKM Digital. J Inov Bisnis 2021.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Aprilia Dyah Puspita, Forijati, Hery Purnomo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
