PENGARUH GAYA HIDUP, DIFERENSIASI, DAN PRESTISE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE IPHONE (STUDI KASUS MAHASISWA PRODI MANAJEMEN UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI)

Authors

  • Dina Santika Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Zulistiani Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Moch. Wahyu Widodo Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/n41bfh37

Keywords:

Gaya Hidup, Diferensiasi, Prestise, Keputusan Pembelian, Iphone

Abstract

Perkembangan teknologi komunikasi yang pesat telah mengubah lanskap kehidupan manusia, menjadikan smartphone sebagai kebutuhan esensial yang menunjang berbagai aspek kehidupan, termasuk bagi mahasiswa sebagai pengguna utama. Meskipun banyak penelitian mengkaji faktor keputusan pembelian, masih terdapat research gap terkait perilaku pembelian smartphone iPhone oleh mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Nusantara PGRI Kediri, terutama dalam mempertimbangkan peran diferensiasi dan prestise secara komprehensif. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh gaya hidup, diferensiasi produk, dan prestise terhadap keputusan pembelian smartphone iPhone secara parsial dan simultan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Teknik yang di implementasikan yaitu kausalitas. Teknik pengambilan sampel menerapkan purposive sampling dengan menyebarkan link kuesioner skala likert di 82 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwasanya Gaya Hidup, Diferensiasi dan Prestise berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada smartphone Iphone secara parsial. Gaya Hidup, Diferensiasi dan Prestise berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada smartphhone iphone pada mahasiswa prodi manajemen Universitas Nusantara PGRI Kediri 2025 secara simultan. Kebaruan penelitian ini terletak pada pengintegrasian variabel diferensiasi dan prestise dalam satu model kausal di konteks lokal mahasiswa iPhone yang sebelumnya sedikit dikaji serta penegasan bahwa mahasiswa melihat iPhone bukan hanya sebagai alat komunikasi, melainkan juga simbol gaya hidup mewah dan prestise yang secara langsung memengaruhi keputusan pembelian smartphone iphone. Pendekatan komprehensif pada sampel mahasiswa Universitas Nusantara PGRI Kediri, memperkaya literatur lokal mengenai perilaku konsumen milenial dalam ekosistem digital.

References

[1] G. Monica and R. Meilina, “Analisis Peran Keterampilan Kerja Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Umkm Kerupuk Rambak Cap Ra Di Kabupaten Tulungagung,” Simp. Manaj. dan Bisnis II, vol. 2, pp. 1327–1334, 2023, [Online]. Available: https://doi.org/10.29407/v1k8vj42

[2] M. N. Arifiyani, S. F. Insani, and B. N. Cahyaningrum, “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Iphone di Indonesia,” UMMagelang Conf. Ser., pp. 594–603, 2024, doi: 10.31603/conference.11871.

[3] Afifah, S. Wahyuni, and M. Zulianto, “Pengaruh Celebrity Endorser Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Lipstik Produk Kosmetik Wardah,” J. Pendidik. Ekon., vol. 16, no. June, pp. 60– 65, 2022.

[4] Damayanti, R. Arifin, and Rahmawati, “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kenyamanan Tempat Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Warung Bakso Bogem,” Riset, J. Prodi, Manaj. Fak. Manaj. Unisma, Bisnis, vol. 12, no. 01, pp. 510–518, 2023.

[5] U. Khasanah, “Analisis Store Atmosphere, Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Toko Fashion Sasbag Kota Pare (Studi Kasus Di Toko Fashion Sasbag Kota Pare),” Manajemen, Semin. Nas. Akuntasi, Ekon. Atmos. Anal. Store Dan, Kualitas Pelayanan, pp. 1184–1193, 2022.

[6] B. Raharjo and Department, “the Impact of Digital Transformation on Business Management,” Rev. Econ., vol. 73, no. 4, pp. 41–64, 2021, doi: 10.56043/reveco-2021-0035.

[7] P. Diferensiasi, S. Operasi, K. Pembelian, and H. Iphone, “Pengaruh Diferensiasi, Prestise, dan Performa Sistem Operasi terhadap Keputusan Pembelian Handphone Iphone di Kabupaten Magelang,”

[8] Econ. Business, Account. Manag., vol. 2, no. 2, pp. 157–174, 2024.

[9] M. Di and K. Gajah, “Pengaruh Ekuitas Merek , Desain Produk , Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Ponsel Iphone Pada Generasi,” J. Manaj. Sos. Ekon., vol. 5, no. 1, pp. 267–277, 2025.

[10] N. I. Suryani and dkk, “Pengaruh Kualitas Produk, Ekuitas Merek dan Gaya HidupTerhadap Keputusan Pembelian Smartphone Iphone di KotaBogor,” YUME J. Manag., vol. 4, no. 2, pp. 254–272, 2021, doi: 10.37531/yume.vxix.787.

[11] Sulaiman and S. Mania, Pengantar Metodolog Penelitian EDS REVISI, vol. 11, no. 1. Jkarta: D publsiher, 2019. [Online]. Available: http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng- 8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps: //www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_M ELESTARI

[12] R. Sardanto and B. A. Sumantri, “Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Di Toko Online Media Sosial Instagram (Studi Pada Mahasiswa-mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri),” Semin. Nas. Manaj. Ekon. Akunt., vol. 1, no. 2008, pp. 411–416, 2017.

[13] R. D. Fajarudin, D. S. Wihara, and E. Djoko, “Analisis Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Dan Word of Mouth Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko Bangunan Pratama Kediri,” J. Ekon. Bisnis, Manaj. dan Akunt., vol. 2, no. 1, pp. 149–160, 2023, [Online]. Available: https://doi.org/10.61930/jebmak.v2i1.45

[14] Y. A. Pragana and R. Kurniawan, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Kursus Mengemudi Cv. Wijaya Kediri,” … DAN BISNIS dan …, pp. 234–243, 2022, [Online]. Available: https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/simanis/article/view/1814%0Ahttps://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/simanis/article/download/1814/1383

[15] R. P. Rumastari, “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk, Harga, Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Unit Ngesrep Semarang,” Keunis J., vol. 7, no. 2302, pp. 5–29, 2019.

[16] W. Haikal Ayasya Isfansyah, “Jurnal ilmiah manajemen bisnis dan inovasi universitas sam ratulangi (jmbi unsrat) manajemen strategi untuk meningkatkan penjualan,” Jmbi Unsrat, vol. 8, no. 1, pp. 32–49, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jmbi/article/view/32638

Downloads

Published

2025-08-05

How to Cite

Santika, D., Zulistiani, & Widodo, M. W. . (2025). PENGARUH GAYA HIDUP, DIFERENSIASI, DAN PRESTISE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE IPHONE (STUDI KASUS MAHASISWA PRODI MANAJEMEN UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI). Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 4, 780-786. https://doi.org/10.29407/n41bfh37

Similar Articles

1-10 of 234

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 6 > >>