PENGARUH KONTROL DIRI, PROMOSI, DAN GAYA HIDUP BERBELANJA TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PADA PENGGUNA SHOPEE (STUDI KASUS PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI)
Keywords:
Kontrol diri, Promosi, Gaya Hidup berbelanja, Pembelian ImpulsifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memahami pengaruh kontrol diri, promosi, dan gaya hidup berbelanja terhadap perilaku pembelian impulsif secara simultan pada Mahasiswa Universitas Nusantara PGRI Kediri yang menggunakan platform shopee. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik sampling probabilitas. Metode pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner yang sudah dipersiapkan sebelumnya dan diberikan kepada responden. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa pada Universitas Nusantara PGRI Kediri. Penarikan sampel dengan metode Slovin dalam penelitian ini sampel yang didapat berjumlah 94 responden. Metode analisis data mencangkup analisis deskriptif, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, koefisien determinasi (R2), serta uji hipotesis t dan uji F dengan bantuan perangkat IBM SPSS Versi 26. Hasil dari uji penelitian menunjukan bahwa nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,444, yang mengindikasi bahwa kontrol diri, promosi, dan gaya hidup berbelanja secara bersama-sama berkontribusi sebesar 44,4% terhadap pembelian impulsif. Sisa variabilitas sebesar 55,6% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) secara simultan kontrol diri, promosi, gaya hidup berbelanja berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif. (2) secara parsial kontrol diri, promosi, dan gaya hidup berbelanja berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif.