PENGARUH LITERASI EKONOMI, PERSEPSI HARGA, DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF PRODUK FASHION DI SHOPEE PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI

Authors

  • Era Sabina Cahyanti Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Elis Irmayanti Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Bayu Surindra Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/9p5tjx13

Keywords:

Literasi Ekonomi, Persepsi Harga, Promosi Penjualan, Perilaku Pembelian Impulsif, Produk Fashion di Shopee

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara persial maupun simultan literasi ekonomi, persepsi harga, dan promosi penjualan terhadap perilaku pembelian impulsif produk fashion di Shopee pada mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 121 responden Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi, yang dipilih menggunakan teknik sampling jenuh, kemudian dianalisis menggunakan metode regresi linier berganda yang diolah melalui perangkat lunak IBM SPSS versi 23. Hasil penelitian menandakan bahwa literasi ekonomi, persepsi harga, dan promosi penjualan secara parsial  berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pembelian impulsif  dengan masing- masing nilai signifikansi sebesar 0,004, 0,000,dan 0,004 serta nilai t hitung sebesar 2.908, 0,247, dan 2.927. kemudian literasi ekonomi, persepsi harga, dan promosi penjualan berpengaruh simultan terhadap perilaku pembelian impulsive dengan nilai signifikan sebesar 0,000 dengan F hitung sebesar 17.792. kebaruan penelitian terletak pada persepsi harga dan promosi penjualan dimana tidak selalu berdampak positif.

References

[1] Intan. Pengaruh persepsi harga, kontrol diri, dan literasi ekonomi terhadap perilaku pembelian impulsif produk baju pada mahasiswa S1 pendidikan ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2017. J Ekon Bisnis dan Pendidik 2020;1:718–34. https://doi.org/10.17977/um066v1i82021p718-734.

[2] Wulandari D, Padang UN, Barat S. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif belanja online pada generasi Z di Kota Padang Prima Aulia. J Ris Psikol 2022;5:178–86.

[3] Puteri Nanda, Ellyawati N, Riyadi R. Literasi Ekonomi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Mulawarman. Educ Stud Conf Ser 2022;2:40–5. https://doi.org/10.30872/escs.v2i1.1188.

[4] Nurhayati I, Nainggolan BM. Pengaruh Suasana dan Persepsi Harga dalam meningkatkan Kepuasan Pelanggan melalui Keputusan Pembelian di Pomelo Cafe & Resto Kuningan. Eduturisma 2023;7:3.

[5] Noneng, Supatminingsih T, Inanna, Hasan M, Dinar M. Pengaruh Literasi Ekonomi dan Lingkungan Sosial terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Melalui Online Shop pada Peserta Didik Kelas X Jurusan IPS di SMA Negeri 8 Makassar. Intelektiva J Ekon Sos Hum 2020;2:94–104.

[6] Muhamad Jusmansyah. Analisis Pengaruh Current Ratio, Debt To Equity Ratio, Total Asset Turn Over, Dan Return on Equity Terhadap Harga Saham. J Ekon dan Manaj 2020;9:179–98.

[7] ARYANI ET, KURNIANINGSIH H. Pengaruh Inovasi Produk, Kepercayaan Merek, Dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Honda Beat Di Surakarta. J Maneksi 2023;12:368–77. https://doi.org/10.31959/jm.v12i2.1488.

[8] Atunnisa’ M, Firdiansyah Y. Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Pada Mahasiswa. Din Sos J Pendidik Ilmu Pengetah Sos 2022;1:279–95. https://doi.org/10.18860/dsjpips.v1i3.2061.

[9] Putri SIN, Selvy, Roles GH, Ellen A. Pengaruh Rekrutmen Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawa Pada Pt. Budi Raya Perkasa. J Maz 2019;5:71–80.

[10] Pratiwi N, Kurniawan C, Aradea R. Pengaruh Literasi Ekonomi Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Akuntansi. J Pendidik Ekon 2023;11:50–7. https://doi.org/10.26740/jupe.v11n1.p50-57.

[11] Siti Noor Aisyah, Syaiko Rosyidi. Pengaruh Persepsi Harga, Customer Review, Customer Rating Dan Promosi Flash Sale Terhadap Keputusan Pembelian Di Shopee. J Kompetitif 2023;12:48–60. https://doi.org/10.52333/kompetitif.v12i1.83.

[12] Barokah S, Asriandhini B, Putera MM. Emotional Shopping Sebagai Variabel Mediasi Gaya Hidup Dan Motivasi Belanja Hedonis Pada Keputusan Pembelian Impulsif Produk 3Second. Mak J Manaj 2021;7:156–67. https://doi.org/10.37403/mjm.v7i2.360.

[13] Santi Desi. Pengaruh Promosi Penjualan, Nilai Belanja Hedonis, Dan Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Pembelian Impulsif Pada Marketplace Shopee. 2022.

[14] Anggraini SI. PENGARUH KONTROL DIRI , PROMOSI , DAN GAYA HIDUP BERBELANJA TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PADA PENGGUNA SHOPEE ( STUDI KASUS PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ) 2024;3:750–9.

[15] Maley NMS, Fanggidae RPC, Kurniawati M. Pengaruh Promosi, Harga, Dan Motif Belanja Hedonis Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Pengguna Shopee (Study Pada Mahasiswa FEB Undana). Ekon Ilmu Sos 2020;3:123–41.

Downloads

Published

2025-08-05

How to Cite

Cahyanti, E. S. ., Irmayanti, E., & Surindra, B. . (2025). PENGARUH LITERASI EKONOMI, PERSEPSI HARGA, DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF PRODUK FASHION DI SHOPEE PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI. Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 4, 1371-1378. https://doi.org/10.29407/9p5tjx13

Similar Articles

1-10 of 591

You may also start an advanced similarity search for this article.