Abstract
Keputusan pembelian yang diambil oleh konsumen berbeda setiap antar individu sehingga mengharuskan apotek Alya Farma lebih meningkatkan kinerja serta memberi kesan yang terbaik bagi pelangan, hal tersebut dapat dilakukan dengan cara meningkatkan citra toko, kelengkapan produk, dan harga yang terbaik untuk para konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan analisis citra toko, kelengkapan produk dan harga terhadap keputusan di Apotek Alya Farma Ngadiluwih Kediri. Teknik penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik kausal. Jenis penelitian ini merupakan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang membeli pada Apotek Alya Farma Ngadiluwih Kediri. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen Apotek Alya Farma Ngadiluwih Kediri sebanyak 40 orang. Instrumen dalam penelitian ini untuk mengumpulkan data yaitu menggunakan data primer dengan menggunakan angket (kuesioner). Dalam uji validitas diketahui bahwa semua variabel dinyatakan valid dengan sig. 0,05 dan uji realibitas dengan sig. 0,60. Hasil penelitian uji t menunjukkan bahwa variabel citra toko, kelengkapan produk dan harga secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dan hasil uji F diketahui bahwa variabel citra toko, kelengkapan produk dan harga secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil adjusted R Square menunjukkan nilai sebesar 9,75%, sedangkan sisanya yaitu sebesar 2,5% diterangkan faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Perhitungan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan persamaan regresi diperoleh nilai Y = 1,184 + 0,230X1 + 0,522X2 + 0,314X3 + e
References
Alma B. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa Cetakan 5. Bandung: CV Alfabeta. 2016.
Faizah N. Pengaruh Citra Merek, Iklan, Suasana Toko Terhadap Loyalitas Konsumen Dimediasi Kepuasan Konsumen. J Ilmu Dan Ris Manaj 2017.
Hafidzi AA. Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Kasus pada Swalayan Bravo di Kota Bojonegoro ). 2013.
Kotler dan Keller. Manajemen Pemasaran, Edisi 12, Jilid 1, PT.Indeks,. Jakarta. vol. 000. 2017.
Utami Permata S. Sri Utami. MALA’BI J Manaj Ekon STIE Yapman Majene 2020;3. https://doi.org/10.47824/jme.v3i1.73.
Umar AUA Al, Savitri ASN. Analisis Pengaruh Roa, Roe, Eps Terhadap Harga Saham Ahmad. J Chem Inf Model 2019;53.
Tjiptono F. Pemasaran Jasa - Prinsip, Penerapan, dan Penelitiab. 2014.