Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Think Pair Share Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila

Authors

  • Afrian Sista Fikry Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Suratman Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Nursalim Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/42t52s25

Keywords:

think pair share (TPS), hasil belajar, pendidikan Pancasila

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar dan partisipasi siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas VII A SMPN 2 Plosoklaten, khususnya pada materi Kebhinekaan Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penerapan TPS dan meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran TPS. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan belajar siswa secara klasikal dari 27,78% pada siklus I menjadi 91,67% pada siklus II, serta peningkatan rata-rata nilai dari 59,66 menjadi 81,11. Data ini membuktikan bahwa penerapan model TPS efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, baik secara individu maupun klasikal, serta mendukung pencapaian Kriteria Ketuntasan Minimal. Dengan demikian, model TPS layak diterapkan dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas proses belajar mengajar.

References

Cholid, N. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran. CV Presisi Cipta Media.

Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa. Jurnal Education and Development, 8(2), 468.

Kurniawan, R. Y. (2021). ANALISIS PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 1–5.

Lestari, S. O., & Kurnia, H. (2022). Peran Pendidikan Pancasila dalam pembentukan karakter. Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1), 25.

https://doi.org/10.12928/citizenship.v5i2.23179

Resmana, M. T., & Dewi, D. A. (2021). Pentingnya Pendidikan Pancasila untuk Merealisasikan Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Bermasyarakat. JURNAL PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN, 9(2), 473–485.

https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i2.1341683

Siregar, M. H. (2021). Pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) dalam Meningkatkan Berpikir Kritis dan Akademik Siswa. Journal of Educational Integration and Development (JEID), 270–279.

Uchrowi, Z., & Ruslinawati. (2021). Pendidikan Pancasila dan

Kewarganegaraan (S. Hasan, Ed.; 1st ed.). Pusat Kurikulum dan

Perbukuan Wicaksono, B., Sagita, L., & Nugroho, W. (2021). MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) DAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS. AKSIOMA, 8(2), 1. https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1876

Downloads

Published

2025-07-19

Issue

Section

Articles

How to Cite

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Think Pair Share Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila. (2025). Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 8, 1673-1683. https://doi.org/10.29407/42t52s25

Similar Articles

11-20 of 494

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>