Pengembangan Media Pembelajaran Kotak Pintar Hak dan Keragaman (KOPIHAKI) Pada Materi Hak dan Kewajiban Untuk Kelas IV SD Negeri Mojo
DOI:
https://doi.org/10.29407/7dby7691Keywords:
learning media, Smart Box (KOPIHAKI), rights and obligations, PPKN, media developmentAbstract
This study aims to develop a learning media in the form of a Smart Box (Kotak Pintar) for the subject of Pancasila and Civic Education (PPKn) in class IV-A at SD Negeri Mojo, specifically for the topic of rights and obligations. The research employs a Research and Development (R&D) method using the ADDIE development model (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). The results show that the developed media is highly valid. The media validity test yielded a percentage of 86%, while the content/material validation test also resulted in 86%. The practicality test of the media indicated it is highly practical. The teacher response questionnaire showed a percentage of 86%, while the student response questionnaire showed a percentage of 93.3%. Meanwhile, the effectiveness test showed that the media is highly effective and capable of improving students' understanding. A limited trial conducted on 6 students resulted in a 100% score, while a broader trial yielded a percentage of 91.6%. Therefore, the "Kotak Pintar" (KOPIHAKI) learning media is considered effective and suitable for use in the learning process.
References
Angely, O., Ramadani, N., Chandra Kirana, K., Astuti, U., & Marini, A. (2023). https://bajangjournal.com/index.php/JPDSH PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP DUNIA PENDIDIKAN (STUDI LITERATUR). In JPDSH Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora (Vol. 2, Issue 6). https://bajangjournal.com/index.php/JPDSH
Azhar, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Basori. (2020). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini Dengan Menggunakan Media Kotak Pintar Di TK Mujahadah. Jurnal Al-Abyadh, 3(2), 52–58
Basori. 2020. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini Dengan Menggunakan Media Kotak Pintar Di Tk Mujahadah. Jurnal Al-Abyadh Prodi PIAUD STAI Diniyah Pekanbaru, 3 (2), 52–58.
Damayanti, Z., Pandra, V., & Mandasari, N. (2024). Penerapan Media SMAB (Smart box) pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Air Deras. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(2), 372–380. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i2.470
Dewi, K., & Dwijayanti, I. (n.d.). Social Humaniora PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN KOPINSA (KOTAK PINTAR BERBAHASA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR SIMBOLIK ANAK (Vol. 7, Issue 1). http://jurnal.uts.ac.id
Ferdian, R. W. (2021). Profil kondisi fisik pada atlet UKM pencaksilat Universitas Nusantara PGRI Kediri 2020 (Skripsi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Nusantara PGRI Kediri).
Generasi Tarbiyah, J., Pendidikan Islam, J., Dina, R., Jannah, N., & Winata, P. (2025). Prinsip dan Kriteria Pemilihan Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.59342/jgt.v4i1
Hanafiah, D., Martati, B., & Mirnawati, L. B. (2023). Implementasi karakter gotong royong dalam pendidikan Pancasila kelas IV di sekolah dasar. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 539–551.
Hasan, dkk. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.
Ibror, I. M. (2022). Pengaruh harga, kualitas produk dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen pada Ibror Sablon Kediri (Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Nusantara PGRI Kediri).
Kusumaningrum, Panca Wahyu, dkk. (2021). Peningkatan Kemampuan Mengenal Keaksaraan Awal Anak Usia5-6 Tahun Melalui Media Kotak Pintar di TK Islam Terpadu Asiah Kecematan Mentawa Baru Ketapang Kabupaten Kota Waringin Timur. Borneo Educational Management and Research Journal, 2(2), hlm 30-41
Lailiyah, N. N., & Widiyono, A. (2023). Pengembangan Media Diorama berbasis STEAM untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar. BASICA Journal of Arts and Science in Primary Education, 3(1), 95–108. https://doi.org/10.37680/basica.v3i1.3678
Lisnawati, A., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2022). Penerapan Pembelajaran PKn untuk Meningkatkan Minat Belajar pada Siswa SD (Vol. 6, Issue 1).
Lubis, M. A. (2020). Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di SD/MI: Peluang dan tantangan di era industri 4.0 (Edisi pertama). Kencana.
Menurut Kustandi & Darmawan (2020:34) Terdapat berbagai jenis media pembelajaran yaitu “Media berbasis manusia, media berbasis cetakan, media berbasis visual, media berbasis audiovisual, dan media berbasis komputer”.
Nurrita, T. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Vol. 03).
Nuryanti, N., Wiguna, F. A., & Santi, N. N. (2022). Pengembangan media pembelajaran game puzzle Sipena materi sistem pencernaan manusia kelas V SD Negeri Mrican 2 Kediri. Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Nurzahra, U. (2022). Pengaruh media permainan kotak pintar terhadap kemampuan mengenal huruf abjad pada anak usia 5–6 tahun di TK Al Azhar 7 Hajimena Lampung Selatan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas (tidak disebutkan).
Nurzahra, U. (2022). Pengaruh media permainan kotak pintar terhadap kemampuan mengenal huruf abjad pada anak usia 5–6 tahun di TK Al Azhar 7 Hajimena Lampung Selatan (Skripsi, Universitas Lampung). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
PENERAPAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH. (n.d.).
Polinda, A., Rustinar, E., Kusmiarti, R., & Lisdayanti, S. (2023). IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN KOTAK PINTAR PADA SISWA KELAS 1 SDN 58 KOTA BENGKULU. Communnity Development Journal, 4(5).
Qurataini, G., Dwina Angga, P., & Tahir, M. (2025). Pengembangan Media Smart Box (Kotak Pintar) Materi Bahaya NAPZA Pada Kelas V SDN Pemasah Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah. Journal of Classroom Action Research, 7(Specialissue). https://doi.org/10.29303/jcar.v7iSpecialIssue.10702
Ramadhani, A. N. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Dunia Pendidikan (Studi Literatur). JPDSH Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(6).
Sukaryanti, A., Murjainah, M., & Syaflin, S. L. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOTAK PINTAR KERAGAMAN DI INDONESIA UNTUK SISWA KELAS IV SD. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, 7(1), 140. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v7i1.675
Sukaryanti, A., Murjainah, M., & Syaflin, S. L. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOTAK PINTAR KERAGAMAN DI INDONESIA UNTUK SISWA KELAS IV SD. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 7(1), 140. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v7i1.675
Tambusai, J. P., Haifarashin, R., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (n.d.). Pemahaman Siswa Tentang Kewajiban dan Hak Warga Negara.
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074
Zahra, J. O. V., Hanifah, N., & Nugraha, R. G. (2024). Penerapan Media Smart box untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Kelas IV SD Materi Hak dan Kewajiban. 13(1)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Medania

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
