Pengembangan Media Pembelajaran Game Puzzle Sipena Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SD Negeri Mrican 2 Kediri

Authors

  • Nila Nuryanti Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Novi Nitya Santi Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Frans Aditia Wiguna Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

Pengembangan, Game Puzzle Sipena, Sistem Pencernaan Manusia

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilatar belakangi berdasarkan hasil observasi lapangan. Terdapat guru yang tidak menggunakan media pembelajaran sehingga mengakibatkan pembelajaran menjadi monoton, siswa menjadi bosan, dan mengantuk. Sehingga mempermudah siswa dalam memahami materi. Penggunaan media ini bertujuan untuk mempermudah pendidik dalam menjelaskan meteri dan membuat siswa lebih aktif dalam pembelajan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian berbasis research and Development (R&D). penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Media divalidasi oleh ahli media, ahli materi, dan praktisi. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran game puzzle sipena pada pembelajaran IPA kelas V materi sistem pencernaan manusia. Berdasarkan validasi yang telah dilakukan oleh para ahli dengan memperoleh 84% dari ahli media dapat disimpulkan sangat valid dapat digunakan, 90% dari ahli materi dapat disimpulkan sangat valid dapat digunakan dan 88% dari ahli praktisi dapat disimpulakan sangat valid dapat digunakan. Maka dengan hasil tersebut dapat di dikatakan bahwa media game puzzle sipena layak digunakan dalam proses pembelajaran

References

Asyar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Sari, B. K. (2017). Desain Pembelajaran Model Addie Dan Implementasinya Dengan Teknik Jigsaw. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 87–102.

Setiawati, E., Rahayu, H. M., & Setiadi, A. E. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Modul pada Materi Animalia Kelas X SMAN 1 Pontianak. Jurnal Bioeducation, 4(1).

Soeprapto, S. (2013). Landasan aksiologis sistem pendidikan nasional Indonesia dalam perspektif filsafat pendidikan. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan tujuan pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29–39.

Zunaidah, F. N., & Amin, M. (2016). Pengembangan bahan ajar matakuliah Bioteknologi berdasarkan kebutuhan dan karakter mahasiswa Universitas Nusantara PGRI Kediri. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 2(1), 19–30.

Downloads

Published

2022-07-02

How to Cite

Nuryanti, N. ., Nitya Santi, N. ., & Aditia Wiguna, F. . (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Game Puzzle Sipena Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SD Negeri Mrican 2 Kediri. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 5, 674–680. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1951

Issue

Section

Articles