Implementasi Program Math Fun Dan Babuk Kampus Mengajar Angkatan 6 Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Literasi Numerasi Siswa Di SMP Islam YBWPI Kediri
PDF

Keywords

Literasi dan Numerasi
Aktivitas Belajar
Kampus Mengajar

How to Cite

Adji Bimantara, S., Widodo, A., Sasmita, W., & Nursalim, N. (2024). Implementasi Program Math Fun Dan Babuk Kampus Mengajar Angkatan 6 Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Literasi Numerasi Siswa Di SMP Islam YBWPI Kediri. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 4(1), 326–333. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/seinkesjar/article/view/5572

Abstract

Program kampus mengajar di tujukan untuk meningkatkan sumber daya manusia dan meningkatkan kemampuan daya saing siswa dalam perhelatan di masa teknologi 4.0 ini. kampus mengajar merupakan program dari kementrian Pendidikan, Budaya Riset dan teknologi, program yang dijalankan oleh peneliti di tujukan pada kelas 8 SMP Islam YBWPI Kediri. Selama masa observasi yang dilakukan oleh peneliti, ditemukan beberapa permasalahan berupa sarana pra sarana yang belum cukup mumpuni untuk dilakukan pembelajaran berbasis digital dan peneliti menemukan rendahnya kemampuan literasi dan numerasi siswa khususnya kelas 8 SMP Islam YBWPI Kediri. Fenomena ini di dukung dengan 2 siswa yang kurang lancar dalam pembelajaran literasi dan kurang lancar baca dan tulis. Penggunaan metode penelitian ini dengan penelitian tindakan kelas yang menggunakan dua siklus pada pelaksanaannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan literasi numerasi setelah dilakukan program kampus mengajar angkatan 6 dan dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa setelah pelaksanaan program kampus mengajar. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat peningkatan 34,4% yang mampu menuntaskan literasi numerasi pada program kampus mengajar yaitu “MATH FUN” dan “BABUK”, kemudian pada aktivitas belajar siswa juga mengalami penigkata yag cukup baik walaupu masih ada siswa yang masih melakukan tidakan yang tidak relevan seperti tidak bisa di atur dan masih suka tidak memperhatikan.

PDF

References

Al, C., Made, N., & Pratiwi, I. (2023). Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 6 Dalam Mewujudkan Kontribusi Belajar Sambil Berdampak Di SMKS Dharma Bhakti Surabaya Implementation Of The Class 6 Teaching Campus Program In Realizing Learning Contributions While Making An Impact At SMKS Dha. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4).

Aripin, I. (2024). Upaya Meningkatkan Inovasi Dan Kualitas Pendidikan Dasar Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 6. Jurnal PARAHITA ABDIMAS, 5(2), 5–13.

Hasanah, U., & Aeni, Y. (2023). Implementasi Program Kampus Mengajar Angkatan 6 Dalam Upaya Peningkatan Literasi Dan Numerasi Peserta Didik SMPN 2 Janapria. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia, 5(2), 88–92. https://doi.org/10.29303/jpmsi.v5i2.254

Rakhmawati, Y., & Mustadi, A. (2022). The circumstances of literacy numeracy skill: Between notion and fact from elementary school students. Jurnal Prima Edukasia, 10(1), 9–18. https://doi.org/10.21831/jpe.v10i1.36427

Wahyuni, F. P. N., & Tranggono, D. (2023). Upaya dalam Meningkatkan Literasi, Numerasi, dan Adaptasi Teknologi Siswa melalui Program Kampus Mengajar 4 di SMP Widya Gama Mojosari. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 4(1), 125–133. https://doi.org/10.35870/jpni.v4i1.128

Downloads

Download data is not yet available.