Upaya Peningkatan Numerasi Siswa SD Negeri Bawang 2 melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 7
PDF

Keywords

Numerasi
kampus mengajar
siswa kelas v

How to Cite

Wijaya, B. C., & Darsono, D. (2024). Upaya Peningkatan Numerasi Siswa SD Negeri Bawang 2 melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 7. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 4(1), 1195–1201. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/seinkesjar/article/view/5679

Abstract

Program Kampus Mengajar adalah suatu program dari Kemendikbudristek bagi mahasiswa untuk bisa berkolaborasi dan berkontribusi langsung terait pembelajaran. Program Kampus Mengajar ini berfokus pada pembelajaran terkait dengan literasi dan numerasi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan upaya peningkatan numerasi siswa SD Negeri Bawang 2 melalui program Kampus Mengajar Angkatan 7. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Bawang 2 yang terdiri dari 26 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, pemberian soal pretes dan postes, dan analisis dokumen. Hasil dari penelitian ini adalah ketika dilakukan pretes AKM diperoleh hasil persentase 41%, kemudian ketika postes AKM hasil persentase meningkat menjadi 48%. Dari hasil pretes dan postes AKM dapat diketahui terjadi peningkatan persentase sebanyak 7%. Temuan praktis pada penelitian ini adalah dengan implementasi pembelajaran yang dilakukan dapat meningkatkan hasil persentase numerasi siswa. Implikasi hasil penelitian ini adalah adanya dukungan upaya peningkatan numerasi siswa kelas SD Negeri Bawang 2 melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 7.

PDF

References

Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN, 9(1), 210–219. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i1.221

Armadhani, R., & Utama, C. (2024). Implementasi Pendekatan Berdiferensiasi melalui Media Pembelajaran Konkret, Video, dan PPT Interaktif pada Kelas 5 SD. JoLLA Journal of Language Literature and Arts, 4(4), 421–427. https://doi.org/10.17977/um064v4i42024p421-427

Aryani, I., Nadia, R., Susanti, M., Musriandi, R., Irfan, A., & Hamama, S. F. (2022). Peningkatan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. 2.

Cahya, E. A. A., Turmuzi, M., Wulandari, N. P., & Sarjana, K. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MIFROSOFT POWERPOINT DAN KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS XI SMK. 08.

Cibro D. S, P. A. P. (2023). Math in Motion: Exploring Sportsas a Context for Teaching Elementary Mathematics. Zenodo. https://doi.org/10.5281/ZENODO.10046074

Dwi Noerbella. (2022). IMPLEMENTASI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 2 DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI LITERASI DAN NUMERASI PESERTA DIDIK. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 480–489. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2087

Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 93. https://doi.org/10.30651/else.v3i1.2541

Hanima, S., & Hasan, H. A. (2024). Peningkatkan Numerasi Siswa Melalui Edutainment Math Playground: Program Kampus Mengajar Angkatan 7.

Karimah, V. H., & Prastowo, A. (2023). Penerapan Math Playground sebagai Penunjang Karakteristik Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 816–825. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.637

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). Buku Pegangan Mahasiswa Program Kampus Mengajar. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan

Kebudayaan

Patriana, W. D., Sutama, S., & Wulandari, M. D. (2021). Pembudayaan Literasi Numerasi untuk Asesmen Kompetensi Minimum dalam Kegiatan Kurikuler pada Sekolah Dasar Muhammadiyah. Jurnal Basicedu, 5(5), 3413–3430. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1302

Rahmwati, A. N. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. 4(1).

Ridwan, S. W. (2022). PENANAMAN NILAI-NILAI KEDISIPLINAN PADA ANAKMELALUI PERMAINAN TRADISIONAL (KELERENG) DI KELOMPOK B TK PERTIWI X BELALANG. Early Childhood Education Journal.

Takaria, J., Pattimukay, N., & Kaary, K. M. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS (KAM). PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan, 10(2), 318–327. https://doi.org/10.30598/pedagogikavol10issue2page318-327

Veryawan Veryawan, R. H. H., & Hasibuan, R. H. (2022). PERMAINAN LARI KELERENG: PEMBENTUKKAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 50–58. https://doi.org/10.25078/pw.v7i1.741

Downloads

Download data is not yet available.