Abstract
Keterampilan numerasi pada siswa kelas 5 SD Negeri Gedangsewu 1 masih kurang bermakna dan out of context bagi siswa. Akibatnya, siswa mengalami kesulitan memahami representasi dan model visual saat mengembangkan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut dikarenakan ada beberapa faktor yaitu guru tidak menerapkan pembelajaran literasi numerasi, kurangnya pemahaman guru terhadap pentingnya pembelajaran literasi numerasi, terbatasnya media pembelajaran sebagai penunjang pembelajaran terutama matematika, rendahnya kemampuan literasi numerasi siswa ditandai dengan kurangnya pengetahuan siswa tentang materi, dan , siswa mengalami kesukaran ketika menyelesaikan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan media pembelajaran sebagai penunjang pembelajaran literasi numerasi. Penelitian ini dilakukan di SDN Gedangsewu 1 Pare dengan melakukan observasi, tes, dan wawancara kepada siswa dan guru kelas 5 dengan perolehan data tingkat kemampuan literasi numerasi siswa masih rendah dalam persentase nilai dibawah rata-rata yaitu 68,5% dan 31,5% diatas rata-rata, guru hanya melakukan pembelajaran secara konvensional dan tidak ada penggunaan media dalam pembelajaran literasi numerasi. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan media pembelajaran dapat diketahui bahwa guru dan siswa memerlukan media pembelajaran literasi numerasi sebagai penunjang pembelajaran.
References
Hadiawati, N. M. 2022. Literasi Numerasi Menggunakan Quizizz Untuk Mengukur Higher Order Thinking Skills (Hots) Pada Pembelajaran. Jember: Universitas Jember. https://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/110265/SKRIPSI_NURHAMIDA.pdf?sequence=1
Hendrawati, N. E., Mutaqqin, N., & Susanti, E. 2020. Etnomatematika: Literasi Numerasi Berdasarkan Bahasa pada Suku Kowai Kabupaten Kaimana. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai-Nilai Islami), 239–243. http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/948
Ifrida, F., Huda, M., Joko Prayitno, H., Purnomo, E., & Sujalwo. 2023. Pengembangan dan Peningkatan Program Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.56972/jikm.v3i1.94
Mahmudah, N. H. 2019. Pengembangan Wallchart Numerasi di Sekolah Dasar. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang. http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/45945
Muallif, M. H., & Palupi, E. L. W. (2023). Pengembangan E-Book Numerasi Materi Statistika Kelas X SMA. MATHEdunesa, 12(3), 1061-1079.
Rahmasari, U. D., Nugraha, A., & Lidinillah, D. A. M. 2022. Persepsi Guru Mengenai Pentingnya Kemampuan Mengembangkan Soal Tes Berbasis Literasi dan Numerasi di Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 5(6), 1105–1112. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/collase.v5i6.12345
Rafiqoh, S. (2020). Arah Kecenderungan dan Isu Dalam Pembelajaran Matematika Sesuai Pembelajaran Abad 21 Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal MathEducation Nusantara, 3(1), 58-73.