Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Board Game Aksara Jawa Kelas III SDN 2 Bandung Prambon
PDF

Keywords

Media pembelajaran
Board game
Aksara Jawa

How to Cite

Widyaningrum, D. ., Permana, E. P. ., & Kurnia, I. . (2024). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Board Game Aksara Jawa Kelas III SDN 2 Bandung Prambon. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 3(1), 554–559. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/seinkesjar/article/view/4566

Abstract

Bahasa Jawa adalah bahasa yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini wajib untuk dilestarikan dan dipelajari oleh generasi muda penerus bangsa agar budaya ini tidak tergerus oleh budaya asing. Banyak siswa yang beranggapan bahwa materi aksara Jawa ini sangat sulit. Hal ini dikarenakan belum tersedianya media pembelajaran aksara Jawa yang mendukung pembelajaran, siswa menganggap bahwa materi aksara Jawa sangat sulit, dan siswa juga sulit untuk menghafalkan dan membaca huruf aksara Jawa dikarenakan mereka tidak terbiasa menulis dan membaca aksara Jawa serta huruf aksara Jawa memiliki beberapa kemiripan dari huruf satu dengan yang lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya media pembelajaran board game aksara Jawa untuk kelas III. Jenis penelitian adalah metode penelitian  pengembangan atau RnD (Research and Development) dan teknik yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu pengamatan, angket, tes, dokumentasi. Pada SDN 2 Bandung, Prambon peneliti melakukan penyebaran angket kepada beberapa pihak. Media pembelajaran yang dikembangkan adalah board game aksara Jawa. Media ini telah melalui tahap validasi yang dilakukan oleh validasi ahli media dan validasi ahli materi. Berdasarkan hasil validasi ahli media memperoleh presentase kevalidan 83% dan validasi ahli materi mendapatkan presentase 97%. Dari kedua validasi tersebut memperoleh skor akhir kevalidan 90%, kriteria kevalidan berada pada rentang 81,00%-100,00% dengan tingkat validasi “sangat valid”. Hasil kepraktisan angket respon guru mendapatkan 91%, sedangkan angket respon siswa memperoleh 82% pada uji terbatas dan 91% pada uji skala luas. Dari hasil kedua angket tersebut berada pada rentang 81,00%-100,00% dengan kategori sangat praktis. Keefektifan ditentukan dari ketuntasan belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran. Terdapat 17 siswa telah mencapai ketuntasan belajar dengan nilai di atas KKM. Berdasarkan penelitian ini, media pembelajaran board game aksara Jawa valid dan layak digunakan dalam pembelajaran, serta media board game juga dapat mendukung pembelajaran aksara Jawa.

PDF

References

Hadiwirodarsono. (2010). Belajar Membaca dan Menulis Aksara Jawa. Solo: Kharisma.

Juniardi, W. (2023, Januari 11). Https://Www.Quipper.Com/Idguru/Mulok-Kurikulum-Merdeka/.

Sugiono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatof Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syaodih, N. (2015). Metode Penelitian Pengembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Trihandayani, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Canva Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sistem Pengisian IC Regulator. Perpustakaan.upi.edu.

Downloads

Download data is not yet available.