Analisis Kebutuhan Siswa terhadap Media Dongeng Berbasis Digital di Sekolah Dasar
PDF

Keywords

media dongeng
digital
sekolah dasar

How to Cite

Rahayu, S. F. S. ., Permana, E. P. ., & Putri, K. E. . (2024). Analisis Kebutuhan Siswa terhadap Media Dongeng Berbasis Digital di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 3(1), 509–513. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/seinkesjar/article/view/4559

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan hasil analisis kebutuhan siswa terhadap media dongeng berbasis digital di sekolah dasar. Analisis kebutuhan ini difokuskan pada siswa kelas III SDN Kutorejo 2. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif. Sampel yang digunakan untuk mendapatkan data dipilih dari siswa kelas III sebanyak 40 siswa. Data dikumpulkan melalui proses wawancara, observasi, dan pengisian angket berupa kuesioner. Hasil data kuesioner kemudian diolah dan dijadikan dalam bentuk presentasi berupa tabel dan grafik. Analisis kebutuhan media dongeng berbasis digital di sekolah dasar menunjukkan bahwa penggunaan media dongeng berbasis digital sangat diperlukan pada saat proses pembelajaran berlangsung dan siswa merasa tertarik dengan penggunaan media dongeng sebagai media pembelajaran di sekolah dasar. Hal ini dapat dilihat berdasarkan dari persentase pernyataan setuju terhadap pembuatan media dongeng berbasis digital di sekolah dasar yaitu sebesar 87,5% menyatakan setuju. Hasil analisis kebutuhan siswa ini akan digunakan untuk perancangan media dongeng berbasi digital di sekolah dasar kelas III SDN Kutorejo 2 Kertosono.

 

PDF

References

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., & Karlina, Y. Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan. Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1-8.

Kartilawati, K., & Warohmah, M. (2014). Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam di Era Teknologi Informasi dan Komunikasi. Ta'dib: Jurnal Pendidikan Islam, 19(01), 143-168.

Maisarah, M., Lestari, T. A., & Sakulpimolrat, S. (2022). Urgensi Pengembangan Media berbasis Digital Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 2(1). https://doi.org/10.30821/eunoia.v2i1.1348

Nuraina, Damayanti, E., & Ikawati, A. (2018). Digital Media Dongeng Berbasis Animasi Sebagai. Jurnal Likhitaprajna, 20(2).

Subekt, H., Taufiq, M., Susilo, H., Ibrohim, I., & Suwono, H. (2017). Mengembangkan Literasi Informasi Melalui Belajar Berbasis Kehidupan Terintegrasi Sistem untuk Menyiapkan Calon Guru Sains dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0: Review Literatur. Education and Human Development Journal, 3(1). https://doi.org/10.33086/ehdj.v3i1.90

Sugiyono. (2013). Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Bandung: Alfabeta, 2013), hlm. 3. 1. Metode Penelitian, 2013.

Surya, A. D. (2022). Pentingnya Implementasi Pembelajaran Berbasis Android dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas Tinggi Sekolah Dasar. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 4(2). https://doi.org/10.30599/jemari.v4i2.1559

Downloads

Download data is not yet available.