Analisis Kebutuhan LKPD pada Materi Gaya Magnet untuk Siswa Kelas IV SDN Gayam 3
PDF

Keywords

Analisis kebutuhan
LKPD
Materi gaya magnet

How to Cite

Widianty, D. A. ., Zunaidah, F. N. ., & Putri, K. E. . (2024). Analisis Kebutuhan LKPD pada Materi Gaya Magnet untuk Siswa Kelas IV SDN Gayam 3. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 3(1), 514–520. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/seinkesjar/article/view/4560

Abstract

Dalam kegiatan belajar mengajar siswa dan guru mengalami beberapa kesulitan dan hambatan yaitu guru belum mengembangkan perangkat pembelajaran pada mata pelajaran IPA dan guru kurang mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan nyata. Hambatan dan kesulitan yang dialami siswa yaitu, siswa hanya diminta untuk menghafal buku teks dan mendengarkan penjelasan guru. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kebutuhan LKPD pada materi gaya magnet kelas IV SDN Gayam 3. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dengan melakukan wawancara kepada guru kelas IV dan siswa kelas IV, penyebaran angket dan memberikan soal pre-test kepada peserta didik. Tempat pengamatan dilakukan di Kelas IV SDN Gayam 3 dengan jumlah 28 siswa. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan pada guru diketahui bahwa guru belum menggunakan LKPD secara optimal pada pembelajaran IPA, selama ini LKPD yang digunakan oleh guru hanya terpaku pada teks materi dan soal-soal. Sedangkan hasil wawancara yang dilakukan pada peserta didik diketahui bahwa siswa merasa kesulitan memahami materi gaya magnet dikarenakan guru hanya menjelaskan materi dengan ceramah. Hasil pre-test terkait materi gaya magnet menunjukkan bahwa 20 siswa dari 28 siswa memperoleh nilai dibawah KKM (≤ 75) dengan rata-rata nilai 60. Berdasarkan hasil analisis tersebut diketahui bahwa guru dan siswa membutuhkan LKPD yang dapat membantu proses pembelajaran dan menunjang pemahaman siswa terkait materi gaya magnet.

 

PDF

References

Aristiadi, H., & Putra, R. R. (2018). Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Konsep. Bioedusiana, 3(2), 77–84. Https://Doi.Org/10.34289/277886

Awang, Imanuel Sairo. 2015. Kesulitan Belajar IPA Peserta Didik Sekolah Dasar. Vox Edukasi Vol 6, No 2 Nopember 2015.

Fannie, R. D., & Rohati. 2014. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Poe (Predict, Observe, Explain) Pada Materi Program Linear Kelas XII Sma. Jurnal Samantika, 8(1), 96–109.

Fahrie. 2012. Lembar Kerja Siswa (LKS). (Online).

(http://fahrie13.blogspot.com/2012/06/lembar-kerja-siswa-lks.html). Diakses 28 Juni 2023.

Putri, K. E., Nurmilawati, M., & Zunaidah, F. N. 2023. Developing an Integrated Mathematics and Science Module with Merdeka Curriculum for Elementary School. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(4). https://journal.staihubbulwathan.id/index.php/alishlah/article/view/3681

Trianto. 2011. Mendesaian Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Edisi Ke-4. Jakarta: Kencana.

Downloads

Download data is not yet available.