Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran untuk Siswa SD Kelas IV pada Materi Pecahan
PDF

Keywords

analisis kebutuhan
media pembelajaran
materi pecahan
kelas 4

How to Cite

Midiyanto, V. F. F. ., & Hunaifi, A. A. . (2022). Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran untuk Siswa SD Kelas IV pada Materi Pecahan. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 2(1), 255 –. https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v2i1.3027

Abstract

Selama pembelajaran luring guru dan siswa menghadapi permasalahan dan hambatan yaitu guru kurang memahami kebutuhan siswa, kurangnya mengembangkan media pembelajaran sebagai pendukung siswa dalam pembelajaran yang menyebabkan siswa kurang memahami materi yang disampaikan, siswa kesulitan dengan pembelajaran Matematika materi pecahan, guru tidak menggunakan metode dan model pembelajaran yang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan media yang digunakan untuk mendukung pembelajaran pada materi pecahan. Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang dilakukan di SDN Bobang 2 kecamatan Semen, Kabupaten Kediri. pengambilan data yang digunakan adalah dengan wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi diketahui bahwa siswa mengalami kesulitan di dalam memahami pembelajaran matematika. Selain itu, guru masih belum menemukan desain pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa. Hasil wawancara dan observasi kepada siswa dan guru kelas IV, terdapat 85% siswa tidak suka dan kesulitan memahami pembelajaran matematika dengan materi pecahan. Sedangkan pada wawancara dan observasi pada guru, bahwa ada antara mata pelajaran matematika yang tidak sulit diterima siswa, tetapi pada materi matematika pecahan siswa kesulitan dalam materi pecahan. Kriteria media yang disukai anak-anak adalah media pembelajaran yang bisa dibuat untuk belajar sambil bermain (75%), media nyata (65%) dan belajar berkelompok (60%). Berdasarkan hasil analisis kebutuhan media pembelajaran dapat diketahui bahwa guru dan siswa membutuhkan media pembelajaran untuk menunjang pembelajaran.

https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v2i1.3027
PDF

References

Febriyandani, R., & Kowiyah, K. (2021). Pengembangan Media Komik dalam Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(2), 323.

Heruman. 2008. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sagala, Syaiful. (2012). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Sanjaya, W.2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media

Sundayana, R. (2013). Media Pembelajaran Matematika (untuk guru, calon guru, orang tua, dan para pecinta matematika). Bandung: Alfabeta

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2023 Veronica Fernandiana Fedra Midiyanto, Abdul Aziz Hunaifi

Downloads

Download data is not yet available.