Abstract
Penelitian ini di latar belakangi dari hasil observasi dengan mewawancarai guru kelas IV dan melakukan pengamatan pada Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda (MIMH) Kaliboto pada kelas IV ditemukan bahwa pada proses pembelajaran masih perpusat pada guru (teacher center) dan masih menggunakan media sederhana yaitu kertas bergambar ketika mengajar. Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran rapatar/papan pintar materi sumber energi untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar. Metode Penelitian ini adalah menggunakan penelitian pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket dan tes. Penelitian ini dikembangkan berdasarkan 5 tahapan model penelitian ADDIE. Produk yang dikembangkan yaitu media pembelajaran rapatar/papan pintar materi sumber energi untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar. Media pembelajaran rapatar/papan pintar ini sudah divalidasi oleh validator ahli materi dan validator ahli media, hasilnya sudah memenuhi kriteria kevalidan. Berdasarkan validasi materi memperoleh skor 94%, sedangkan validasi media memperoleh skor 86%. Berdasarkan jumlah nilai akhir dari validasi materi dan validasi media diperoleh presentase 90%, sehingga dari dua validasi materi dan validasi media berada pada rentang 81,00%-100,00% dengan kriteria validitas masuk dalam kategori sangat valid dan dapat digunakan tanpa perbaikan. Berdasarkan uji ketuntasan pembelajaran secara klasikal pada saat uji coba terbatas dan luas masuk kategori sangat efektif dengan memperoleh 90% dan 85% tuntas dalam soal posttes. Berdasarkan hasil yanggdiperoleh bahwa media rapatar yang dikembangkan dinyatakannvalid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan dalam mendukung proses pembelajaran.
References
Chentiya, & Zulminiati. (2021). Media Papan Pintar Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Anak Usia 5-6 Tahun. Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 18(2), 105–111.
Kurniasih, D. (2020). Impelementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Social, Humanities, and Education Studies: Conference Series, 3(4),287.
Sulthon. (2016). Pembelajaran IPA Yang Efektif Dan Menyenangkan Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah. MI Elementari. 4(1). 2-7.
Soeprapto. (2013). Pengembangan Ekstrakurikuler PAI: Studi Kasus SMAN I Mataram, NTB. Edukasi, Volume 11, Nomor 2, Mei-Agustus, 2013.
Wasiati. (2021). Media Pembelajaran Bagi Anak Usia Sekolah Dasar. Al-Misbah (Jurnal Prodi PGMI), 7(1 Juni), 51–64.