Pengembangan Media Interaktif Berbasis Microsoft Sway Materi Alat Gerak Hewan dan Manusia Siswa Kelas V SDN Mrican 2 Kota Kediri
PDF

Keywords

media interaktif
Microsoft Sway
materi alat gerak hewan dan manusia

How to Cite

Pringgojati, W. ., Hunaifi, A. A. ., & Mujiwati, E. S. . (2022). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Microsoft Sway Materi Alat Gerak Hewan dan Manusia Siswa Kelas V SDN Mrican 2 Kota Kediri. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 2(1), 68–72. https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v2i1.2995

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal di SDN Mrican 2 Kota Kediri pada pembelajaran IPA materi alat gerak hewan dan manusia di kelas V SD, media yang digunakan guru masih kurang menarik karena guru masih menggunakan media gambar. Permasalahan penelitian ini adalah kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan tahapan yaitu 1) Tahap Analisis, 2) Tahap Desain, 3) Tahap Pengembangan, 4) Tahap Implementasi, 5) Tahap Evaluasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Hasil validitas media interaktif berbasis Microcoft Sway dinyatakan valid setelah dilakukan validasi oleh ahli media dan ahli materi dengan skor 84% untuk materi dan 76% untuk media pembelajaran. Jika dihitung rata-rata persentase sebesar 80% yang artinya valid dan dapat digunakan. (2) Hasil validitas media interaktif berbasis Microsoft Sway dinyatakan efektif setelah dinyatakan valid apabila ketuntasan belajar siswa pada pre-test dan post-test ujicoba terbatas yaitu 80% dan hasil belajar siswa pada pre-test dan post-test pada tahap uji coba luas 86%. (3) Hasil angket respon guru diperoleh hasil presentase 90% dinyatakan sangat baik. (4) Hasil angket respon siswa pada uji coba luas diperoleh 97% dinyatakan sangat baik.

https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v2i1.2995
PDF

References

Akbar, Sa’dun. 2017. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sutarti dan Edi. 2017. Kiat Sukses Meraih Hibah Penelitian Pengembangan. Yogyakarta : DEEPUBLISH.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Veronika, Ferlin. 2021. Pengembangan Pembelajaran Online Berbasis Microsoft Sway untuk Meningkatkan Prestasi belajar.

Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2023 Wisnu Pringgojati, Abdul Aziz Hunaifi, Endang Sri Mujiwati

Downloads

Download data is not yet available.