Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard Materi Bentuk dan Fungsi Bagian Tumbuhan Siswa Kelas IV SDN Lirboyo 1 Kota Kediri
PDF

Keywords

pengembangan
media flashcard
bentuk dan fungsi bagian tumbuhan

How to Cite

Hayya, A. R. ., Saidah, K. ., & Mujiwati, E. S. . (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard Materi Bentuk dan Fungsi Bagian Tumbuhan Siswa Kelas IV SDN Lirboyo 1 Kota Kediri. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 2(1), 163 –. https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v2i1.3013

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan yang telah dilakukan di kelas IV SDN Lirboyo 1 Kota diketahui bahwa guru saat pembelajaran IPA menggunakan media seadanya contohnya untuk pembelajaran IPA mengenai jenis ruas daun, guru hanya menunjukan jenis daun yang ada di sekolah seperti daun mangga dan guru hanya mengambarkan di papan tulis bentuk dan bagian tubuh tumbuhan kemudian diterangkan struktur dan fungsinya dari daun tersebut. Akibatnya berdampak pada kurangnya antusias dan minat siswa dalam mengikuti pembelajaran khususnya pelajaran IPA siswa pun menjadi kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran dan hasil pembelajaran kurang maksimal. Oleh karena itu nilai siswa kurang sesuai dengan KKM. Hal itu dibuktikan dengan hasil belajar siswa, bahwa dari 25 siswa ada 16 atau 68% dari total siswa kelas IV SDN Lirboyo 1 yang kurang dari KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) kevalidan media pembelajaran flashcard materi bentuk dan fungsi bagian tumbuhan siswa kelas IV SDN Lirboyo 1 Kota Kediri, (2) keefektifan media pembelajaran flashcard materi bentuk dan fungsi bagian tumbuhan siswa kelas IV SDN Lirboyo 1 kota Kediri, dan (3) respon guru dan siswa terhadap media pembelajaran flashcard materi bentuk dan fungsi bagian tumbuhan siswa kelas IV SDN Lirboyo 1 kota Kediri. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk media pembelajaran flashcard untuk materi bentuk dan fungsi bagian tumbuhan. Model pengembangan yang digunakan untuk mengembangkan media pembelajara flashcard mengacu pada model pengembangan ADDIE yang mencakup 5 tahapan yaitu (1) Tahap Analisis, (2) Tahap Desain, (3) Tahap Pengembangan, (4) Tahap Implementasi, (5) Tahap Evaluasi. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran flashcard dinyatakan sangat valid setelah dilakukan validasi oleh ahli media dengan skor 89% dan ahli materi dengan skor 87,27% sehingga tergolong dalam kriteria sangat valid. Dari hasil angket respon guru memperoleh hasil persentase sebesar 92% kriteria ini menunjukan peringkat sangat baik dan respon siswa pada uji coba terbatas memperoleh persentase sebesar 87,5% dengan katagori sangat baik dan hasil rata-rata respon siswa secara uji coba luas memperoleh persentase sebesar 89% dengan katagori sangat baik. Untuk mengetahui keefektifan media flashcard dapat dilihat dari hasil evaluasi siswa sesudah menggunakan media flashcard sebanyak 25 siswa mendapat nilai rata-rata 93 dan telah melebihi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Sehingga dapat disimpulkan bahwa media flashcard dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v2i1.3013
PDF

References

Adelia, W. S. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII-A SMP 2 Nanggulan Dalam Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Bangun Ruang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS. 978-602-17980-9-6

Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Jakarta: PT: Remaja Rosdakarya.

Depdiknas. (2007). Panduan Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu. JAKARTA: Puskur, balitabang depdiknas.

Azhar Arsyad. (2014). Media Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada.

Kartini, k., & Putra, I. (2020). Respon Siswa Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android. Pendidikan Kimia Indonesia, 12-19.

Susilana R. dan Riyana, C. (2009). Media Pembelajaran. CV. Wahana Prima.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: alfabeta

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2023 Alifya Rahma Hayya, Karimatus Saidah, Endang Sri Mujiwati

Downloads

Download data is not yet available.