Abstract
Adanya pembelajaran daring sehingga siswa belajar melalui handphone atau smartphone dengan materi yang disampaikan lewat WhatssApp Group dan penugasan setiap harinya menyebabkan siswa malas, bosan dan jenuh. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui kevalidan multimedia interaktif berbasis android materi tata surya untuk siswa kelas VI sekolah dasar, (2) mengetahui respon guru dan siswa terhadap multimedia interaktif berbasis android materi tata surya untuk siswa kelas VI sekolah dasar, (3) mengetahui efektivitas multimedia interaktif berbasis android materi tata surya untuk siswa kelas VI sekolah dasar. Penelitian menggunakan jenis penelitian R&D (Research and Development) dengan model ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VI SDN 1 Watudandang. Pada teknik pengumpulan data menggunakan angket.Hasil penelitian ini adalah (1) Multimedia Interaktif Berbasis Android memperoleh rata-rata penilaian 86% termasuk kriteria sangat valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. (2) Multimedia Interaktif Berbasis Android memperoleh respon guru sebesar 93% termasuk kriteria sangat praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran, (3) Multimedia Interaktif Berbasis Android memperoleh ketuntasan belajar siswa dengan rata-rata pada uji terbatas 82% dan rata-rata pada uji luas 83% termasuk kriteria sangat efektif, sehingga Multimedia Interaktif Berbasis Android dapat dikatakan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran materi tata surya kelas VI sekolah dasar.
References
Daryanto. (2011). Media Pembelajaran. PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Hera, R. 2017. Studi Kasus Permasalahan dalam Proses Pembelajaran Konsep Genetika di SMA Negeri 2 Seulimum Kabupaten Aceh Besar. Genta Mulia, VIII(1), 53–63. https://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/129
Saidah, K, Trianingsih, K. E. P. 2021. Permasalahan Pelaksanaan Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19 (Tinjauan Terhadap Implementasi Pembelajaran Tematik). International Journal Of Education Resources, 02(01), 16. https://ejournal.ijshs.org/index.php/incare/article/view/232
Muhammad, I., & Yolanda, F. (2022). Minat Belajar Siswa Terhadap Penggunaan Software Adobe Flash Cs6 Profesional Sebagai Media Pembelajaran. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(1), 1–12. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/jipm/article/view/11083
Muthmainnah, dkk. (2022). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Media Sains Indonesia.
Putri, K. E. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Menggunakan Aplikasi Android Pada Materi Model-Model Pembelajaran Terpadu. Prosiding SEMDIKJAR II, 7(1), 37–72. Kediri: Fakultas Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Sa’dun, A. 2015. Instrumen Perangkat Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Tegeh I Made, dkk. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta Graha Ilmu.
Trianto, V. Mujiwati, Endang S.M. 2022. Pengembangan Media Poster untuk Materi Sumber dan Bentuk Energi Siswa Kelas IV SDN Mojoroto 4 Kota Kediri. Al-Irsyad, 4, 1559. Kediri: Fakultas Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Wati, E. R. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Kata Pena.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2023 Danita Yuanda Islami, Karimatus Saidah