Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Macam-Macam Gaya Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Mrican
PDF

Keywords

pengembangan
multimedia interaktif
macam-macam gaya

How to Cite

Mahardani, I. M. ., Hunaifi, A. A. ., & Mujiwati, E. S. . (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Macam-Macam Gaya Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Mrican . Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 2(1), 89–95. https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v2i1.2999

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan yang telah dilakukan di kelas IV SDN 2 Mrican Kota Kediri materi mengidentifikasi macam-macam gaya, antara lain: gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan. Diketahui bahwa guru saat pembelajaran IPA belum menggunakan media pembelajaran yang bervariasi dan menarik bagi siswa. Media tersebut berupa video pembelajaran yang menampilkan guru sedang menjelaskan materi tanpa adanya ilustrasi di dalamnya. Akibatnya siswa kurang memahami materi yang diajarkan, siswa merasa bosan dalam setiap pembelajaran, serta menurunnya ketertarikan siswa dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui kevalidan multimedia interaktif untuk meningkatkan keampuan mengidentifikasi macam-macam gaya siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Mrican, (2) mengetahui respon guru dan siswa terhadap multimedia interaktif untuk meningkatkan keampuan mengidentifikasi macam-macam gaya siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Mrican, (3) mengetahui keefektifan multimedia interaktif untuk meningkatkan kemampuan mengidentifikasi macam-macam gaya siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Mrican. Model pengembangan yang digunakan untuk mengembangkan media pembelajaran multimedia interaktif mengacu pada model pengembangan ADDIE yang mencakup 5 tahapan yaitu (1) tahap Analisis, (2) tahap Desain, (3) tahap Pengembangan, 4) tahap Implementasi, 5) tahap Evaluasi. Hasil penelitian ini adalah multimedia interaktif dinyatakan sangat valid setelah dilakukan validasi oleh ahli media dan ahli materi dengan skor perolehan 89,41% sehingga tergolong dalam kriteria sangat valid. Dari hasil angket respon guru dan siswa pada uji coba terbatas diperoleh skor 92% yang berarti multimedia interaktif yang dikembangkan telah memenuhi kriteria. Untuk mengetahui keefektifan multimedia interaktif dapat dilihat dari hasil post-test siswa sesudah menggunakan multimedia interaktif sebanyak 18 siswa mendapat nilai rata-rata 85 dan telah melebihi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Sehingga dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v2i1.2999
PDF

References

Akbar, S. 2017. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Depdiknas. 2007. Panduan Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu. Jakarta: Puskur,Balitbang Depdiknas.

Kartini, K. S., & Putra, I. N. 2020. Respon Siswa Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia , 12-19.

Sudjana, N. 2013. Dasar-dasar Proses Belajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D . Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2023 Iffa Melania Mahardani, Abdul Aziz Hunaifi, Endang Sri Mujiwati

Downloads

Download data is not yet available.