Abstract
Pandemi covid-19 mengharuskan peserta didik melakukan pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran daring atau online. Pembelajaran daring menuntut seorang guru untuk mampu membuat media pembelajaran yang interaktif dengan memanfaatkan teknologi yang berhubungan dengan komunikasi seperti Whatsaap, Zoom, Google Meet, Google Classroom, Edmodo, Skype, dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media pembelajaran interaktif menggunakan microsoft Powerpoint efektif dan valid untuk digunakan. Penelitian ini juga dimaksudkan untuk menghasilkan media pembelajaran yang menarik dan mudah untuk dipelajari peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model penelitian 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI MI Miftahul Huda sebanyak 21 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan valid dengan persentase dari dua validator ahli sebesar 89,5%. Hasil uji coba dari produk yang dihasilkann diperoleh nilai rata-rata sebesar 79% berkategori efektif.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2021 Ahdinia Fatmala Nur Laili, Ummu Sholihah