Abstract
Kemajuan teknologi mempengaruhi berbagai lingkup kehidupan, termasuk dalam dunia pendidikan. Pada pergantian kurikulum merdeka belajar, diharapkan dapat mengembangkan kompetensi pendidik dan peserta didik di masa pasca pandemi. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan adalah berbasis google sites. Google sites merupakan web yang disediakan oleh platform google untuk menyisipkan berbagai hal. Tujuan penulisan artikel ini untuk mengetahui kelayakan dari inovasi penggunaan media pembelajaran berbasis google sites yang selanjutnya dinamakan dengan BELMARU. BELMARU merupakan singkatan dari BELajar Matematika seRU. Media pembelajaran dikatakan layak apabila memenuhi beberapa aspek, diantaranya memperoleh validasi para ahli dan angket respon siswa. Metode yang digunakan adalah metode studi pustaka / kajian literatur dengan sumber data adalah sekunder. Teknik pengumpulan data dengan mengkompulasi beberapa penelitian terdahulu untuk dianalisis dan dikaji sehingga mendapatkan kesimpulan. Dari beberapa penelitian terdahulu, didapatkan hasil penilaian penggunaan media pembelajaran pada sumber penelitian pertama dengan rata-rata skor 4,62. Sumber penelitian kedua didapatkan rata-rata skor 4,47. Sumber penelitian ketiga didapatkan rata-rata skor 4,23. Jika diambil rata-rata, dari ketiga penelitian terdahulu tersebut didapatkan rata-rata skor 4,23 yang dapat dikategorikan layak menurut Sukardjo untuk digunakan sebagai penunjang pembelajaran. Maka dari itu, diharapkan inovasi media pembelajaran berbasis google sites (BELMARU) yang membahas salah satu materi matematika yaitu SPLDV juga layak untuk digunakan sebagai penunjang dalam proses pembelajaran.
References
Aida, L. N., Maryam, D., Fabiola, F., Dian Agami, S., & Fawaida, U. (2020). Inovasi Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Media Audiovisual. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 43-44.
Bagus Wicaksana, S., & Anistyasari, Y. (2020). TINJAUAN PUSTAKA SISTEMATIS TENTANG PENGGUNAAN FLASHCARD PADA MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY. UNESA IT-EDU, 05, 121–131.
Bermana, C., Gumilar, S., Nia, K., Effendi, S., Matematika, P., & Karawang, U. S. (2022). Analisis kebutuhan media pembelajaran berbasis Web Google-Sites materi Statistika pada pembelajaran matematika SMA. 8(1), 9–18. https://doi.org/10.37058/jp3m.v8i1.4445
Cahyo Nugroho, M. K., & Hendrastomo, G. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Google Sites Pada Mata Pelajasan Sosiologi Kelas X. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 12(2), 59. https://doi.org/10.26418/j-psh.v12i2.48934
Ismawati, I., Mutia, N., Fitriani, N., & Masturoh, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Web Menggunakan Google Sites Pada Materi Gelombang Bunyi. 2(2).
Istikhoirini, E. (2021). Studi Literatur : Edmodo sebagai Media Pembelajaran Matematika Daring dalam Era Merdeka Belajar di Masa Pandemi. ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan), 2(1), 11–18. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view/500
Izza, A. Z., Falah, M., & Susilawati, S. (2020). Studi literatur: problematika evaluasi pembelajaran dalam mencapai tujuan pendidikan di era merdeka belajar. Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan 2020, 10–15. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip
Khumaidah, S., & Nu’man, M. (2021). Inovasi Media Pembelajaran Pai Pada Masa Pandemi Covid-19. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 4(1), 90–101. https://doi.org/10.52166/talim.v4i1.2389
Mukti, W. M., N, Y. B. P., & Anggraeni, Z. D. (2020). MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS WEB MENGGUNAKAN GOOGLE SITES PADA MATERI LISTRIK STATIS. WEBINAR PENDIDIKAN FISIKA, 5(1), 51–59.
Nuryati, Subadi, T., Muhibbin, A., Murtiyasa, B., & Sumardi. (2022). Pembelajaran Statistik Matematika Berbantuan Website Google Sites (Quizizz) di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 6(2), 2486–2494.
Roikhatul, N. J. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT BERBASIS APLIKASI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA SMK. 1–6.
Sugiyarto, U. S., Wulandari, Y., & Casworo, A. (2020). INTERACTIVE POWERPOINT LEARNING MEDIA IN BASIC SCHOOL OF LEARNING MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF. Jurnal CERDAS Proklamator, 8(2), 118–123.
Syaifullah, R. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH PADA KOMPETENSI DASAR MEMPERBAIKI SISTEM AIR CONDITIONING (AC) JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMKN 3 YOGYAKARTA. 1–108.
Wulandari, A. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA DASAR-DASAR ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN UNTUK SISWA KELAS X SMK NASIONAL BERBAH. 1–106.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2023 Dhea Aldila Putri, Samijo Samijo, Bambang Agus Sulistyono