Penyusunan e-LKPD Berbasis TPACK oleh Guru Sekolah Dasar Negeri Dermo 2 Kediri
PDF

Keywords

e-LKPD
TPACK
Guru Sekolah Dasar

How to Cite

Santia, I. ., Handayani, A. D. ., Hima, L. R. ., Sulistyono, B. A. ., Widodo, S. ., & Katminingsih, Y. . (2022). Penyusunan e-LKPD Berbasis TPACK oleh Guru Sekolah Dasar Negeri Dermo 2 Kediri. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 2(1), 617 –. https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v2i1.3084

Abstract

Kurikulum merdeka memberikan kesempatan secara luas kepada guru untuk mengembangkan berbagai perangkat ajar sesuai kebutuhan belajar dan minat siswa. Pengembangan perangkat ajar tersebut juga didasarkan pada karakter siswa dan kemampuan guru mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran (TPACK). Kesempatan tersebut belum sepenuhnya digunakan oleh guru-guru sekolah dasar. Hal ini terlihat dari studi kasus pada Sekolah Dasar Negeri (SDN) Dermo 2 yang menyatakan lima dari sembilan guru kesulitan menerapkan TPACK pada perangkat pembelajaran yang mereka kembangkan. Berdasarkan uraian permasalahan di atas maka dilakukan solusi pemberian workshop penyusunan e-LKPD berbasis TPACK bagi guru SDN Dermo 2 Kediri. Dalam workshop yang telah dilakukan tiga kali dalam bulan Oktober-November 2022 tersebut, guru berlatih mengembangkan materi dan soal-soal, serta mensubstitusikan barcode video pembelajaran ke dalam bahan ajar berbentuk e-LKPD. Produk e-LKPD tersebut telah divalidasi dengan nilai validasi produk sebesar 86,084%. Hasil pelatihan penyusunan e-LKPD tersebut diharapkan dapat menjadi salah satu solusi untuk guru SDN Dermo 2 Kediri khususnya, dan guru SD umumnya.

https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v2i1.3084
PDF

References

Ananda, R., Rani, A. R., & Fadhilaturrahmi, F. 2022. Pengembangan Model TPACK untuk Menunjang Kompetensi Profesional pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 9064-9069.

Haqsari, R. 2014. Pengembangan dan Analisis e-LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik) Berbasis Multimedia pada Materi Mengoperasikan Software Spreadsheet. Universitas Negeri Yogyakarta, 53, 1689-99.

Koehler, M. J., Mishra, P., & Cain, W. 2013. What Is Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK)?. Journal of Education, 193(3), 13-19.

Maharani, D. P., Hermawan, H., Wulandari, D. T., Ismawarti, N. Y., Kancanadana, G., & Sayekti, I. C. (2021). Analis TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) Guru Sekolah Dasar dalam Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 di Surakarta. Jurnal Basicedu, 5(6), 5195-5203.

Niess, M. L. 2011. Investigating TPACK: Knowledge Growth In Teaching With Technology. Journal of Educational Computing Research, 44(3), 299-317.

Pamuk, S., Ergun, M., Cakir, R., Yilmaz, H. B., & Ayas, C. 2015. Exploring Relationships Among TPACK Components and Development of The TPACK Instrument. Education and Information Technologies, 20(2), 241-263.

Puspita, V., & Dewi, I. P. 2021. Efektifitas E-LKPD Berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 86-96.

Suryaningsih, S., & Nurlita, R. 2021. Pentingnya Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Inovatif Dalam Proses Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2 (7), 1256-1268.

Susilawati, W., Widiastuti, T., & Abdullah, R. 2022. Pelatihan Desain Technological Pedagogical, Content Knowledge Pembelajaran Matematis Menuju Pendidik Profesional. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 98-106.

Zahroh, D. A., & Yuliani, Y. 2021. Pengembangan e-LKPD Berbasis Literasi Sains Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Pertumbuhan Dan Perkembangan. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(3), 605-616.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2023 Ika Santia, Aprillia Dwi Handayani, Lina Rihatul Hima, Bambang Agus Sulistyono, Suryo Widodo, Yuni Katminingsih

Downloads

Download data is not yet available.