Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Materi FPB dan KPK pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
PDF

Keywords

Analisis Kebutuhan
Media Pembelajaran
Materi FPB dan KPK

How to Cite

Normaya, S. D. ., Zaman, W. I. ., & Mukmin, B. A. . (2024). Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Materi FPB dan KPK pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 3(1), 473–476. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/seinkesjar/article/view/4553

Abstract

Guru kurang memanfaatkan penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran matematika materi FPB dan KPK. Sehingga banyak siswa yang kesulitan dalam memahami materi FPB dan KPK yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan media pembelajaran materi FPB dan KPK pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan penyebaran angket. Subjek penelitian ini adalah guru kelas 4 dan siswa kelas 4 SD Negeri 1 Klurahan yang berjumlah 35 siswa. Berdasarkan hasil wawancara yang sudah dilakukan pada guru adalah siswa mengalami kesulitan dan belum memahami secara maksimal materi FPB dan KPK, guru hanya menggunakan media gambar, dan kurangnya penggunaan media pembelajaran yang menarik. Berdasarkan hasil angket yang sudah diisi siswa bahwa 88,57% siswa mengalami kesulitan mempelajari materi FPB dan KPK, 74,28% membutuhkan media pembelajaran yang menarik, dan 88,57% siswa menyukai media pembelajaran cetak berbasis permainan. Hasil analisis kebutuhan media dapat diketahui bahwa siswa dan guru membutuhkan media pembelajaran yang menarik untuk menunjang pembelajaran.

PDF

References

Azizah, A. N., & Fitrianawati, M. (2020). Pengembangan Media Ludo Math Pada Materi Pecahan Sederhana Bagi Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 28–35.

Handayani, N. F., Zaman, W. I., & Aka, K. A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website (Microsoft Sway) pada Materi Bagian Tubuh Tumbuhan dan Fungsinya untuk Siswa Sekolah Dasar. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 28(2), 131–141. Retrieved from http://journal.umg.ac.id/index.php/didaktika/article/view/4362

Nursafitri, D., Fatmawati, R. A., & Asmah, S. N. (2022). Pengembangan Dakota (Dakon Matematika ) Sebagai Media Pembelajaran KPK dan FPB Siswa Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(4), 2719–2725.

Patimah, S., Lyesmaya, D., & Maula, L. H. (2020). Analisis Aktivitas Pembelajaran Matematika pada Materi Pecahan Campuran Berbasis Daring (Melalui Aplikasi Whatsapp) di Masa Pandemi Covid-19 pada Siswa Kelas 4 SDN Pakujajar CMB. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 5(2), 98–105.

Saadah, F. K. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Media Dakota terhadap Penguasaan Materi FPB dan KPK. Borobudur Educational Review, 2(1), 23–30.

Downloads

Download data is not yet available.