Pengembangan Media Capcut Materi Arti Lambang Pancasila Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKN Kelas III SD Negeri 1 Besuki
PDF

Keywords

Media, Capcut, Arti Lambang Pacasila, Hasil belajar

How to Cite

Risnanto, R. W. ., Mukmin, B. A. ., & Imron, I. F. . (2024). Pengembangan Media Capcut Materi Arti Lambang Pancasila Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKN Kelas III SD Negeri 1 Besuki. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 3(1), 733–742. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/seinkesjar/article/view/5499

Abstract

Permasalahan yang ditemukan dari hasil observasi yaitu sebanyak 69% siswa jenuh. Dikarenakan guru selalu menggunakan metode ceramah serta buku sebagai bahan ajar. Tujuan penelitian (1) Untuk mengetahui validitas media pembelajaran Capcut pada materi arti lambang Pancasila. (2) Untuk mengetahui kepraktisan media pembelajaran Capcut pada materi arti lambang Pancasila. (3) Untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran Capcut pada materi arti lambang Pancasila. Metode yang digunakan R&D (Research and Development) dengan subjek penelitian siswa kelas III. Penelitian ini menggunakan Model ADDIE. Media Capcut yang dikembangkan mendapatkan valid dengan skor 87,5%, praktis pada guru mendapatkan 96%, pada siswa mendapatkan 80% dan efektif mendapatkan 100%. Hal ini diuraikan dari kesimpulan tahap analisis data.

PDF

References

Aghni. (2018). FUNGSI DAN JENIS MEDIA DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI.

Akbar S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Dr. Muhammad Hasan, S. M. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN. Klaten: Tahta Media Group.

Fahyuni.E.F,. (2017). Jenis - Jenis Media dalam Pembelajaran.

Faujiah, N., Septiani. A.N, Putri, T., & Setiawan, U. (2022). Kelebihan dan Kekurangan Jenis-Jenis Media. Jurnal Telekomunikasi, Kendala Dan Listrik, 3(2), 81–87.

Hidayah, N. (2017). Analisis Validitas Pengembangan Media Puzzle Berbasis Puzzlemake A Match Pada Sub Pokok Bahanan Sel.

Hanafy, M. S. (2014). KONSEP BELAJAR DAN PEMBELAJARAN. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 66-79. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a5

Maulidiyah, F. N. (2020). Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Untuk Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan, 29(2), 93–100. https://doi.org/10.32585/jp.v29i2.647

Putri, P. (2023). Pengembangan Media Video Animasi Berbantuan Capcut pada Pembelajaran IPS Materi Indahnya Keragaman diNegeriku Kelas IV Sekolah Dasar.

Rusman,Kurniawan, D., & Riyana, C. (2015). Pembelajaran Berbasis TeknologiInformasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalitas Guru. RajawaliPress.

Sadiman, Arief S. (2005). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Pustekkom Dikbud dan PT.Raja Grafindo Persada

Sukmanasa, E (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Bagi Siswa Kelas V SD di Kota Bogor.JPSD. Vol.3, No.2

Susanti. (2017). JENIS–JENIS MEDIA DALAM PEMBELAJARAN.

Uno, Hamzah B. Dan Mohamad, Nurdin. (2013). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.

Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian: Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Pt Fajar Interpratama Mandiri.

Downloads

Download data is not yet available.