Implementasi Aplikasi Kahoot! untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pemahaman Membaca Peserta Didik tentang Teks Recount Mata Pelajaran Bahasa Inggris pada Kelas X-8 di SMAN 1 Rejoso
PDF

Keywords

implementasi
kahoot!
pemahaman membaca
teks recount

How to Cite

Azizah, A. N. ., & Cahyanti, T. W. . (2024). Implementasi Aplikasi Kahoot! untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pemahaman Membaca Peserta Didik tentang Teks Recount Mata Pelajaran Bahasa Inggris pada Kelas X-8 di SMAN 1 Rejoso . Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 3(1), 547–553. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/seinkesjar/article/view/4565

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin meningkat pesat, mampu memberikan pengaruh terhadap perubahan yang terjadi di dunia pendidikan. Perubahan tersebut seperti perubahan pada cara berpikir, ide kreatifitas, cara mengajar dan belajar peserta didik. Mengimplementasikan teknologi aplikasi Kahoot! di dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris untuk dijadikan alternatif dari metode pengajaran tradisional menjadi suatu hal yang positif, dimana dalam proses pembelajaran tradisional tersebut dirasa sangat membosankan dan kaku oleh peserta didik. Karena dalam metode pengajaran tradisional tersebut, selalu menggunakan buku dan lembaran kertas saat penugasan yang terasa monoton dan kurang bervariasi, sehingga beberapa peserta didik merasa kurang motivasi belajar yang mengakibatkan peserta didik tersebut memperoleh nilai di bawah KKM. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar pemahaman membaca peserta didik tentang teks recount dengan media aplikasi Kahoot!, hal ini dilakukan karena dari hasil observasi dan prasiklus yang telah dilakukan diketahui bahwa hasil belajar peserta didik masih banyak yang di bawah KKM. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Rejoso, di dalam kelas X8 dengan jumlah 36 peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus, dengan metode pengumpulan data dari hasil observasi dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis data dari penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan selama proses pembelajaran, presentase ketuntasan peserta didik dengan nilai di atas KKM pada pra siklus sebesar 47 %, siklus 1 mencapai 69%, sedangkan pada siklus 2 meningkat menjadi 83%. Maka diperoleh bahwa presentase ketuntasan peserta didik dengan nilai di atas KKM setelah dilakukan siklus mengindikasikan peningkatan sebesar 36%. Peningkatan tersebut menunjukan bahwa treatment mengimplementasikan aplikasi Kahoot! di proses pembelajaran  mampu meningkatkan hasil belajar pemahaman peserta didik tentang teks recount. Hasil penelitian ini dapat menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran baru seperti aplikasi game edukatif di dalam pembelajaran dapat meningkatkan minat dan semangat belajar peserta didik hal ini dikarenakan peserta didik dapat aktif dan secara langsung melihat skor nilai yang diperolehnya, hal ini sekaligus memberikan dampak positif pada hasil belajar mereka.

PDF

References

Darmawan, R., Rahayu, D., & Prastyo, T. D. (2021). Penggunaan Kahoot! Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Kelas X TKJ 1 SMK Negeri 1 Giritontro. JPPI (Jurnal Proyeksi Pendidikan Informatika).

Fajri, S., & Lestari, W. (2022). Implementasi Kahoot Berbasis Digital Game Based Evaluation Pada Pembelajaran Gerak Dasar Tari. Jurnal Seni Tari.

Harmer, J. (2007). The Practice Of English Language Teaching. Pearson Longman.

Nugroho, D. S. (2021). Using Kahoot! Improving seventh-graders' Reading Comprehension Skills Of SMPN 2 Tegalrejo. Journal of English Language and Pedagogy, IV (1).

Nunan, D. (2003). Practical English Language Teaching, First Edition. McGraw-Hill/Contemporary, a busines unit of The McGraw-Hill Companies,Inc.

Nurhadianti, Pebriana, H., Wijaya, H., & Arsyad, M. (2023). Implementasi Aplikasi Quizizz Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Mataram. ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran.

Sulistio, A. (2021). Upaya Meningkatkan Pemahaman Reading Comprehension Mata Pelajaran Bahasa Inggris Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Peserta Didik Kelas XI IIS 2 Semester Ganjil MAN 4 Kediri. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pengajaran No. 1 Vol 1.

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016 ~ Universitas Kanjuruhan Malang.

Zuhriyah, S., & Pratolo, B. W. (2020). Exploring Students' Views in the Use of Quizizz as an Assessment Tool in English as a Foreign Language (EFL) Class. Universal Journal of Educational Research 8(11), 5312-5317.

Downloads

Download data is not yet available.