Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran untuk Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar Negeri 1 Bodor pada Materi Bagian-Bagian Tumbuhan dan Fungsinya
PDF

Keywords

Analisis kebutuhan
Media Pembejaran

How to Cite

Nuriyah, R. ., Zunaidah, F. N. ., & Nurmiawati, M. . (2022). Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran untuk Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar Negeri 1 Bodor pada Materi Bagian-Bagian Tumbuhan dan Fungsinya . Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 2(1), 214 –. https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v2i1.3020

Abstract

Kemajuan teknologi pada saat ini sudah mulai memasuki dunia pendidikan, hal ini dapat dilihat dimana pembelajaran di sekolah harus menyesuaikan dengan perkembangan teknologi. Salah satunya pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang dalam proses pembelajarannya harus dapat menyesuaikan dengan perkembangan teknologi yang ada dengan harapan mampu mencapai tujuan pembelajaran. Pembelajaran IPA khususnya materi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya pada saat ini dianggap merupakan materi yang membosankan jadi, mengakibatkan siswa menjadi pasif. Hal ini berdampak pada rendahnya kompetensi yang dimiliki oleh siswa dan tidak tercapainya tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan media pembelajaran yang dibutuhkan siswa dan guru dalam mempelajari materi bagian-bagian dan fungsinya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengambilan data yang diguanakan adalah angket dan wawancara. Penelitian ini dilakukan di SDN Bodor 1 dengan menyebarkan angket siswa kelas 4 sebanyak 13 orang siswa dan melakukan wawancara kepada guru kelas 4. Berdasarkan angket kebutuhan siswa dan guru terhadap media pembelajaran pada materi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya diperoleh hasil bahwa guru dan siswa membutuhkan media pembelajaran dan setuju jika dibuatkan media pembejaran.

https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v2i1.3020
PDF

References

Ariyanto, A. 2018. Penggunaan Media Pembelajaran Biologi Di Sekolah Menengah Atas (Sma) Swasta Salatiga. BIOEDUKASI Jurnal Pendidikan Biologi, Vol 9(1) : 1-13 Ojs.fkip.ummtro.ac.id

Daryanto. (2015). Media Pembelajaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Hamid, M.A., Ramadhani, R., Masrul, Julina, Safitri, M., Munsarif, M., Jamaludin dan Simarmata, J. 2020. Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis http://books.google.co.id/books?hl=id&ir=&id=npLzDwAAQBAJ&oi=fnd&pg= PA1&DQ=info;MO7ImvLYvEsJscholar.google.com

Lestari, Novita. 2020. Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Boyolali: Lakeisha

Pakpahan, A.F., Ardiana, D.P.Y., Mewati, A.T., Wagiu, E.B. Simarta, J., Mansyur,M.Z., La lili, Purba, B., Kaunang, D.C.F.J. Jamaludin, dan Iskandar, A. 2020. Pengembangan Meda Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis. http://www.kitamenulis.id

Sanjaya, W. (2008). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Prenada Media. https://doi.org/2008

Suryono dan Hariyanto, 2017. BELAJAR dan PEMBELAJARAN teori dan konsep dasar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Yaumi, M. (2017). Belajar dan Mengajar dengan Media dan Teknologi Pembelajaran. Watanpone, Sulawesi Selatan: Penerbit Syahadah.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2023 Rikah Nuriyah, Farida Nurlaila Zunaidah, Mumun Nurmiawati

Downloads

Download data is not yet available.