ANALISIS KEBUTUHAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK SISWA SMA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI
PDF

Keywords

Analisis Kebutuhan
Media Pembelajaran
Keanekaragaman Hayati

How to Cite

Puspa Shavira, A., Nurmiawati, M., & Muji Santoso, A. (2022). ANALISIS KEBUTUHAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK SISWA SMA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 1(1), 84 –. https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v1i1.1221

Abstract

Selama pembelajaran daring guru menghadapi permasalahan dan hambatan yaitu kurangnya penguasaan TIK, seperti penggunaan laptop, dan handphone serta aplikasi – aplikasi  yang dapat digunakan sebagai penunjang pembelajaran Keanekaragaman Hayati, guru hanya menggunakan aplikasi whatshap untuk menyampaikan materi kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan media pembelajaran yang digunakan guru untuk pembelajaran daring. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengambilan data yang diguanakan adalah angket dan wawancara. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Kediri dan SMAN 6 Kediri dengan menyebarkan angket siswa kelas X dan melakukan wawancara kepada guru Biologi. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan padaguru Biologi SMAN 1 Kediri dan SMAN 6 Kediri diperoleh informasi bahwa mereka hanya menggunakan media Power Point. Guru membutuhkan media atlas tumbuhan dalam bentuk Elektronik (E-Atlas) untuk dapat disampaikan kepada siswa pada materi Keanekaragaman Hayati. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan Media Pembelajaran dapat diketahui bahwa guru Biologi dan siswa membutuhkan media Pembelajaran untuk menunjang pembelajaran.

https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v1i1.1221
PDF
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Alviana Puspa Shavira, Mumun Nurmiawati, Agus Muji Santoso

Downloads

Download data is not yet available.