Abstract
Berkembangnya teknologi dan dalam masa pandemi Covid-19 menuntut guru untuk berinovasi dalam menyajikan media pembelajaran yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, teknologi, dan lingkungan. Salah satunya adalah materi Keanekaragaman Hayati. Pada tumbuhan banyak keragaman yang perlu diketahui dan dikaji. Penelitian ini digunakan untuk menganalisis kendala pembelajaran yang terdapat di sekolah dan mengetahui media yang cocok digunakan sebagai penunjang belajar materi Keanekaragaman Hayati. Penelitian dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode observasi. Teknik pengambilan data menggunakan lembar angket dan wawancara dengan guru Biologi serta siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kediri dan SMA Negeri 6 Kediri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) wawasan dan pemahaman siswa terkait contoh-contoh keragaman hayati tumbuhan tingkat spesies maupun gen belum tergambar secara nyata apabila hanya disajikan meteri pada PPT dan buku ajar dari sekolah, (2) siswa memerlukan visualisasi gambar secara langsung bentuk dari keanekaragaman hayati tumbuhan tingkat spesies, (3) media pembelajaran atlas berbasis elektronik Keragaman Tumbuhan yang terdapat di lingkungan sekitar perlu dikembangkan sebagai media penunjang belajar yang memuat contoh keragaman tingkat spesies pada materi Keanekaragaman Hayati Tumbuhan.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2021 Devi Anita Sari, Sulistiono, Agus Muji Santoso