MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA KELAS XI PKPPS AL-MUFLIHUN MENGGUNAKAN MODEL ASICC
PDF

Keywords

Keterampilan kolaborasi
Model ASICC

How to Cite

Dwita Sari, S., Sulistiono, & Muji Santoso, A. (2022). MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA KELAS XI PKPPS AL-MUFLIHUN MENGGUNAKAN MODEL ASICC. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 1(1), 691 –. https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v1i1.1299

Abstract

Pembelajaran kurikulum 2013 di Indonesia masih perlu didukung oleh model pembelajaran yang inovatif, maka diperlukan strategi pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan argumentasi ilmiah seperti ASICC. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran model ASICC dalam peningkatan keterampilan kolaborasi siswa. Penelitian dilakukan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subyek siswa kelas XI PKPPS Al Muflihun Malang. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, menggunakan instrumen berupa lembar observasi aktivitas siswa, angket kemampuan kolaborasi, dan observasi penerapan pembelajaran yang dilakukan oleh guru menggunakan model ASICC. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa terjadi peningkatan kemampuan kolaborasi dan aktivitas  siswa serta kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran ASICC. Kemampuan kolaborasi siswa pada kondisi awal, sebesar 66,2%, menjadi 81,8% pada siklus I dan pada siklus II menjadi 88,4%, aktivitas siswa naik dari kondisi awal 62%, siklus I 81,6%, dan siklus II 87,8%, dan penerapan model ASICC oleh guru naik dari siklus I 95,4% menjadi 100% pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran ASICC dapat meningkatkan kemampuan kolaborasi siswa kelas XI PKPPS Al Muflihun Malang.

https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v1i1.1299
PDF
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Susi Dwita Sari, Sulistiono, Agus Muji Santoso

Downloads

Download data is not yet available.