Abstract
Pada pandemi Covid-19 saat ini memberikan dampak khususnya bagi dunia pendidikan.Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa dalam pembelajaran matematika.Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas pembelajaran matematika dan respon siswa menggunakan aplikasi Kahoot berbantuan model Problem Based Learning .Subjek pada penelitian ini yaitu kelas X MIPA 2 sebanyak 6 siswa SMA Negeri 3 Kediri. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang bersifat menghasilkan produk, menguji keefektifan sehingga layak digunakan. Dimana melihat proses pembelajaran matematika menggunakan aplikasi Kahoot di akhir pembelajaran berbantuan model Problem Based Learning. Selanjutnya penyebaran angket respon siswa dengan Google Form. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa antusias siswa sangat baik. Pada model Problem Based Learning yang dipusatkan pada siswa dengan pemberian masalah serta untuk mengembangkan keterampilan siswa dalam menyelesaikan masalah. Selain itu hasil respon siswa dapat dilihat sebesar yang berkategori baik. Data tersebut dianalisis peneliti diperoleh 3 indikator meliputi indikator ketertarikan,materi dan bahasa. Dari analisis tersebut diperoleh siswa rata rata memilih sangat setuju dengan adanya media Kahoot dalam pembelajaran matematika.Berdasarkan hal tersebut disimpulkan bahwa penerapan aplikasi Kahoot berbantuan model Problem Based Learning dalam pembelajaran matematika baik digunakan.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2021 Dianawati, Darsono, Aprilia Dwi Handayani