Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa kelas 5 SDN Jatirejo dengan metode Game Based Learning berbasis aplikasi kahoot. Metode yang digunakan peneliti adalah metode pengukuran kemampuan siswa melalui tes. Tes yang digunakan dalam penelitian meliputi pretest dan posttest. Dari hasil Pre test didapatkan persentase siswa menjawab benar sebesar 45% dan setelah pengimplementasian metode Game Based Learning (GBL) didapatkan hasil posttest persentase siswa menjawab benar sebesar 56%. Dari kenaikan sebanyak 11%, maka dapat disimpulkan bahwa metode Game Based Learning (GBL) dengan menggunakan aplikasi kahoot efektif untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa kelas 5 di SDN Jatirejo.
References
Listiani, N. M. (2014). Pengaruh Kreativitas Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Produktif Pemasaran Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Tuban . Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan.
M.Noer Pasha Radandi, S. S. (2023). Pengaruh Kecanduan Game Online Terhadap Keterampilan Sosial Pada Remaja Gen Z. Educate : Journal of Education and Learning, 74-80.
Ayu Fitriah Sari, I. N. (2022). Analisis Literasi Numerasi Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Pola Bilangan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 11963-11969.
Daniel Makay, J. K. (2023). Bimbingan Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Anak-Anak Desa Klis. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 2, 315-321. doi:https://doi.org/10.59025/js.v2i3.120
Erna Yayuk, A. R. (2023). Literasi Numerasi dalam Kerangka Kurikulum Merdeka Berbasis Art Education. International Journal of Community Service Learning, 7, 228-238. doi:https://doi.org/10.23887/ijcsl.v7i2.56278
Gaudensiana Bopo, E. T. (2023). Peningkatan Kemampuan Numerasi dengan Media Papan Pintar Berhitung pada Anak Usia 6-7 Tahun. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10, 468-480. doi:https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i3.1998
Komang Redy Winatha, I. M. (2020). Pengaruh Game-Based Learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar. Scholaria : Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 198-206.
Nayla Ziva Salvia, F. P. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Ditinjau dari Kecemasan Matematika. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 352-359.
Ni Kadek Kasi Widiantari, I. N. (2022). Meningkatkan Literasi Numerasi dan Pendidikan Karakter dengan E-Modul Bermuatan Etnomatematika. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 331-343.
Purwanto, A. J. (2021, Juli). Pemahaman Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Pujer Dalam Menyelesaikan Soal AKM Numerasi. Journal of Mathematics Education and Learning, 109-115. doi:https://doi.org/10.19184/jomeal.v1i2.24272
Putra, E. A. (2015). Anak Berkesulitas Belajar di Sekolah Dasar Se-Kelurahan Kalumbuk Padang (Penelitian Deskriptif Kuantitatif). E-JUPEKhu (Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus), 71-76.
Safa Wildanul Arfi, C. H. (2023). Peran Mahasiswa Program Kampus Mengajar Angkatan 5 dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi di Sekolah Dasar. ABDI MASSA: Jurnal Pengabdian Nasional, 11-22.
Viona Calista S, N. K. (2019). Hubungan Reinforcement Terhadap Disiplin Anak Usia Dini Di PAUD Pembina 1 Kota Bengkulu (Studi Deskriptif Kuantitatif Di PAUD Pembina 1 Kota Bengkulu). Jurnal Ilmiah Potensia, 13-17.
Wiwik Sulistyawati, W. S. (2022). Analisis (Deskriptif Kuantitatif) Motivasi Belajar Siswa dengan Model Blended Learning di Masa Pandemi Covid 19. Kadikma, 68-73.
Yessica Indah Sinaga, C. P. (2023). Penguatan Literasi Numerasi dan Teknologi di SDN 21 Bathin Solapan Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 3. Sevanam Jurnal Pengabdian Masyarakat , 21-30.
Yudiarto Perdana Putra, N. V. (2022). Faktor Yang Mempengaruhi Gen Z Dalam Memilih Perguruan Tinggi. Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis, 183-192.
Yuke Salsabila, A. F. (2023). Hubungan antara Literasi Numerasi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatid Siswa SMP di Kecamatan Curug. EQUALS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 42-54.