Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar siswa pada materi penerapan nilai-nilai Pancasila melalui penerapan media Game Based Learning (GBL) berbantu media gambar. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan selama 4 bulan yaitu pada bulan September sampai dengan bulan Desember 2023. Penelitian dilaksanakan di SMK Kosgoro Nganjuk di kelas X BDP dengan jumlah siswa sebanyak 21 orang. Teknik pengambilan data yaitu observasi dan test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar dari siklus I yakni 68% meningkat menjadi 80% pada siklus II. Peningkatan hasil belajar ini menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran Game Based Learning (GBL) berbantu Media Gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penerapan nilai-nilai Pancasila.
References
Asmaka, Ridduwan Agung. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Game-Based Learning Terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Materi Peluang Kelas VII SMP Negeri 2 Balen Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi (Tidak Diterbitkan). IKIP PGRI: Bojonegoro.
Azan, M. Z. N, & Wong, S. Y. 2008. Game-based learning model for history courseware: A preliminary analysis. Proceedings - International Symposium on Information Technology 2008, ITSim. Kuala Lumpur: IEEE. Doi: 10.1109/ITSIM.2008.4631565
Firoza, C. A. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Cilacap Tahun Ajaran 2017/2018.
Retta, Lensi Megah. 2021. Upaya Komunitas Dalam Penguatan Karakter Warga Negara (Studi Kasus Pada Tunas Hijau Di Surabaya). Jurnal Dharma Pendidikan, 16: 38-51. https://www.journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/155/150
Sari, R., & Najicha, F. U. (2022). Memahami Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Dasar Negara Dalam Kehidupan Masyarakat. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN, 7(1), 53-58.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.