Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Game pada Materi Interaksi Sosial untuk Siswa Kelas V SDN 1 Sumurup Kecamatan Bendungan
PDF

Keywords

pengembangan
Monopoli Game
Interaksi Sosial

How to Cite

Surya, N. F. ., & Maisaroh, K. . (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Game pada Materi Interaksi Sosial untuk Siswa Kelas V SDN 1 Sumurup Kecamatan Bendungan. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 2(1), 120–127. https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v2i1.3005

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Monopoli Game pada materi Interaksi Sosial untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan angket dan kuisioner. Teknik analisis datanya adalah teknis analisis data kualitatif. Sedangkan metode penelitiannya yaitu Research and Development (RnD) dengan model penelitiannya adalah Borg and Gall. Berdasarkan hasil penelitian, yaitu meliputi uji kevalidan materi oleh ahli materi memeroleh nilai rata-rata 92 dengan kriteria kelayakan sangat baik. Kemudian uji kevalidan media oleh ahli media memeroleh nilai rata-rata 91 dengan kriteria kelayakan sangat baik. Uji kepraktisan media oleh guru memeroleh nilai 97 dengan kriteria kelayakan sangat baik. Serta uji kepraktisan media oleh siswa memeroleh nilai 97 dengan kriteria kelayakan sangat baik. Berdasarkan uji keefektifan produk, nilai siswa banyak yang meningkat diatas KKM yaitu sejumlah 12 siswa dari 15 siswa.

https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v2i1.3005
PDF

References

Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.

Hidayah, N. 2015. Pembelajaran Tematik Integratif di Sekolah Dasar. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2.(1).

Prayogo, A. Sukarjo, T. 2017. Permainan Monopoli sebagai Media Pembelajaran Matematika. Joyful Learning Journal, 6 (4): 228 – 233.

Ridwan. 2006. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru. Bandung: Alfabeta.

Tasrif. 2008. Pengantar Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Yogyakarta: Genta Press.

Sapriya. 2009. Pendidikan IPS. Bandung: Rosdakarya.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2023 Nikmah Fitria Surya, Kristina Maisaroh

Downloads

Download data is not yet available.