Pengembangan Media Pembelajaran Roda Berputar pada Materi Perubahan Sosial Budaya untuk Siswa Kelas VI SDN Katerban 2
PDF

Keywords

pengembangan
media pembelajaran
roda berputar

How to Cite

Maisaroh, K. ., & Surya, N. F. . (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Roda Berputar pada Materi Perubahan Sosial Budaya untuk Siswa Kelas VI SDN Katerban 2. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 2(1), 128–136. https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v2i1.3007

Abstract

Penelitian roda putar ini sebagai media pembelajaran bagi peserta didik kelas VI SDN Katerban 2 yang telah divalidasi dan kemudian diujicobakan. Roda putar merupakan media atau alat peraga berupa papan yang dibentuk melingkar. Tujuan dari penelitian ini mengembangkan media pengembangan Roda Berputar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian serta pengembangan (Research and Development/ R&D. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini merupakan model pengembangannya Borg & Gall. Adapun tahapan yang digunakan yaitu (1) pengumpulan data, (2) perencanaan, (3)pengembangan produk, (4) uji coba terbatas, (5) revisi produk, (6) uji lapangan (7) revisi produk. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket dan tes. Subjek dari penelitian adalaha siswa kelas VI SDN Katerban 2. Hasil yang diperoleh bahwa media pembelajaran roda putar mendapatkan presentase kevalidan 100% dari ahli materi, 84% dari ahli media, dan uji kepraktisan 85% dari ahli pembelajaran.Berdasarkan uji keefektifan produk yang dilakukan bahwa adaya peningkatan diatas KKM yaitu sejumlah 13 siswa dari 18 siswa mendapatkan nilai diatas KKM 86,65 dengan rata-rata 84,44%. Peneliti menggunakan jenis penelitian yaitu data kualitatif. Maka, dapat disimpulkan bahwa media roda berputar layak dan efektifitas untuk digunakan.

https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v2i1.3007
PDF

References

Arsyad, A. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Istifarina, N. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt)) Berbantu Media Roda Putar Untuk Meningkatkan Aktifitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas Xi Akuntansi 1 SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta.

Izzatunnisa, N. N. 2019. Pengembangan Roda Angka Sebagai Media Pembelajaran Tematik Bagi Peserta Didik Kelas V SD/MI. Skripsi UIN Raden Intan Lampung.

Novianti, R. 2015. Pengembangan Permainan Roda Putar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Angka Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Educhild, 4(1).

Perotta, Featherstone, Aston, & Houghton. 2013. Game-Based Learning: Latest Evidence and Future Directions. NFER Research Programme: Innovation in Education.

Rinawati. 2015. Meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Media Roda Putar Pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita Gondang Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Sapriya. 2017. Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Zain, E. K. 2020. Pengembangan Media Roda Putar Pada Materi Keragaman Suku dan Budaya Berbasis HOTS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 di MI PSM Padangan Kabupaten Tulungagung. Skripsi UIN Malang.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2023 Kristina Maisaroh, Nikmah Fitria Surya

Downloads

Download data is not yet available.