Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi peneliti bahwa pada mata pelajaran IPA materi rangkaian listrik pada siswa kelas V SDN 1 Banaranwetan Kabupaten Nganjuk belum berjalan efektif. Tujuan penelitian dan pengembangan ini yaitu untuk mengetahui kevalidan, keefektifan dan kepraktisan media pembelajaran microsoft sway pada materi rangkaian listrik untuk meningkatkan kemampuan mengidentifikasi siswa kelas V SDN 1 Banaranwetan Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN 1 Banaranwetan Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini dilakukan uji validitas untuk mengetahui kevalidan media pembelajaran. Selanjutnya terdapat dua jenis uji coba, yaitu uji coba terbatas pada 15 siswa dan uji coba luas pada 34 siswa. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) Media pembelajaran microsoft sway divalidasi oleh dua ahli yaitu ahli media dan ahli materi. Hasil validasi ahli media sebesar 90%, dan validasi ahli materi memperoleh hasil 90% yang dinyatakan sangat valid untuk digunakan. (2) Media pembelajaran microsoft sway diuji keefektifannya melalui soal pre-test dan soal post-test yang terdiri dari 20 pilihan ganda. Hasil nilai pre-test uji coba terbatas 60 dan nilai post-test dari uji coba terbatas yaitu 90., sedangkan uji coba luas memperoleh hasil nilai pre-test 64,11 dan nilai post-test 91,76. Berdasarkan hasil nilai pre-test dan post-test hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah menggunakan media. berdasarkan presentase maka media pembelajaran microsoft sway sangat efektif untuk digunakan.(3) Media pebelajaran microsoft sway diuji kepraktisannya melalui angket guru dan siswa. Hasil angket dari guru yaitu 88%, sedangkan hasil angket siswa yaitu 91,02%, maka media microsoft sway sangat praktis untuk digunakan.
References
Kurniasih, D. (2020). Impelementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Pelajaran IPA di Sekolah Dasar.Social,Humanities,and Education Studies:Conference Series,3(4):287
https://jurnal.uns.ac.id/SHES/article/view/53345
Smaldino, Sharon E, dkk ( 2012). Instructional Technology & Media For Learning.Pearson Education. Inc.
Arsyad, Azhar, (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.
Arsyad, Azhar. 2014. Media pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Arsyad, A., 2015, Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Windi Cindiana Karim.2014. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar siswa pada mata pelaaran pkn di sma 1 telaga.Telaga. Jurnal.
Kustandi, Cecep., dan Sutjipto, Bambang. (2013). Media Pembelajaran: Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia
Zainiyati, H.S. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis ICT Konsep dan Aplikasi pada pembelajaran pendidikan Agama Islam. Jakarta : Kencana
Ariesto Hadi Sutopo. (2003). Multimedia Interaktif dengan Flash. Yogyakarta : Graha Ilmu. Azhar
Arsyad (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Adrian, Febby (2020). Media Pembelajaran Berbasis Video Untuk Pembelajaran Jarak Jauh. (UNY). Pendidikan Teknik Bangunan, Tersedia Pada: Https://Www.Researchgate. Net/Publication/341232509
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Ahmad Rivai & Nana Sudjana. (2013). Media Pengajaran (Penggunaan dan Pembuatannya). Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Heruman, 2013. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA
Rachmadtullah, R., Zulela, M. S., & Sumantri, M. S. (2018). Development of computer-based interactive multimedia: Study on learning in elementary education. International Journal of Engineering and Technology (UAE), 7(4), 2035–2038. https://doi.org/10.14419/ijet.v7i4.16384
Ahmad Rivai, Nana Sudjana. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Nugroho, A.S.,& Harjono,N. (2020). efektivitas model pembelajaran numbered head together (nht) terhadap hasil belajar matematika sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Borneo, 1(2), 138-144.
Azaly, Qorie Rafi; Fitrihidajati, Herlina;. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Microsoft Office Sway pada Materi Perubahan Lingkungan untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BIOEDU), 1-10.
Chasanah, L. R. ., & Erita, Y. . (2023). Pengembangan Media Aplikasi Sway Pada Pembelajaran IPAS Berbantuan Konstruktivisme Kurikulum Merdeka Kelas IV Di Seolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 5711–5717. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14590
Handayani, Nurma Fitri, Wahid Ibnu Zaman, and Kukuh Andri Aka. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website (Microsoft Sway) Pada Materi Bagian Tubuh Tumbuhan Dan Fungsinya Untuk Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pemikiran Pendidikan 28, no. 2 (2022): 131–141.
Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Mulyatiningsih,E.(2016).PengembanganModel Pengembangan Model Pembelajaran. Diakses dari http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/dra-endangmulyatiningsih-mpd/7cpengembangan-model-pembelajaran. pdf. pada Desember