Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran untuk Siswa SD pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia
PDF

Keywords

analisis kebutuhan
media pembelajaran
materi system peredaran darah manusia
kelas 5

How to Cite

Endriaswedi, P. B. ., Saidah, K. ., & Wenda, D. D. N. . (2022). Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran untuk Siswa SD pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 2(1), 153 –. https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v2i1.3011

Abstract

Kemampuan siswa dalam memahami materi sistem peredaran darah pada manusia di kelas 5 masih rendah. Hal ini dikarenakan adanya beberapa faktor yaitu, kurangnya pengembangan media pembelajaran (hanya menggunakan gambar dan buku), adanya rekayasa nilai, guru kurang bervariasi dalam menggunakan metode dan model pembelajaran, daya tangkap dan kemampuan peserta didik yang berbeda-beda, guru kurang menggunakan media pembelajaran bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan media pembelajaran yang bertujuan untuk menunjang belajar peserta didik di sekolah pada materi sistem peredaran darah manusia. Penelitian ini dilakukan di SDK Yohanes Gabriel Puhsarang Kediri dengan menyebarkan angket dan wawancara kepada siswa dan guru kelas 5, dengan hasil tidak adanya sinkronisasi antara jawaban siswa dengan kenyataannya, siswa hanya menjawab asal-asalan tanpa memahami benar kemampuannya, diperoleh informasi bahwa nilai rata-rata kelas 5 pada materi sistem peredaran darah manusia dibuktikan dengan nilai rata-rata 80, kuirangnya inovasi dalam menggunakan metode dan model pembelajaran yang digunakan oleh guru dan kurang beragamnya penggunaan media pembelajaran yang digunakan oleh guru. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan media pembelajaran dapat diketahui bahwa guru dan siswa membutuhkan media pembelajaran untuk menunjang pembelajaran.

https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v2i1.3011
PDF

References

Agustiana dan Tika. 2013. Konsep Dasar IPA: Aspek Fisika dan Kimia. Penerbit Ombak

Hidayah, Ananto. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) Terhadap Keterampilan Proses Belajar Fisika Siswa Pokok Bahasan Suhu dan Kalor. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 01 (1): 21-27.

Prasetyo. 2013. Bahan Ajar Pemantapan Penguasaan Materi Pendidikan Profesi Guru Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Konsep Dasar Pendidikan IPA. Universitas Negeri Yogyakarta

Trianto. 2014. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara

Wilujeng Insih. 2020. IPA Terintegrasi dan Pembelajarannya. Yogyakarta: UNY Press

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2023 Petricia Brevi Endriaswedi, Karimatus Saidah, Dhian Dwi Nur Wenda

Downloads

Download data is not yet available.