Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis kebutuhan media pembelajaran pada materi keanekaragaman hayati mata pelajaran Biologi SMA. Penelitian dilakukan secara deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Kediri sebanyak dua puluh lima siswa dan tiga guru Biologi SMAN 1 Kediri. Analisis kebutuhan ini dilakukan dengan cara wawancara dengan guru Biologi SMA Negeri 1 Kediri, dan menyebar Angket kepada siswa SMA Negeri 1 Kota Kediri. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket terhadap siswa dan wawancara terhadap guru, kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) 96% media pembelajaran sangat diperlukan saat kegiatan belajar mengajar untuk membantu pemahaman siswa pada materi keaneragaman hayati tumbuhan, (2) 88% siswa memerlukan visualisasi gambar secara langsung bentuk dari keaneragaman hayati tumbuhan tingkat varietas, (3) 28% wawasan pemahaman siswa terkait contoh-contoh keaneragaman hayati tumbuhan tingkat varietas belum tergambar secara nyata apabila hanya disajikan materi pada PPT dan buku ajar dari sekolah, (4) 96% media pembelajaran poster keaneragaman hayati tumbuhan yang terdapat dilingkungan sekitar perlu dikembangkan sebagai penunjang belajar yang memuat contoh keaneragaman tingkat varietas pada materi keaneragaan hayati tumbuhan.
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2021 Aluna Munsofia, Sulistiono, Budhi Utami