Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis kebutuhan media pembelajaran pada materi keanekaragaman hayati mata pelajaran Biologi SMA. Penelitian dilakukan secara deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Kediri sebanyak dua puluh lima siswa dan tiga guru Biologi SMAN 1 Kediri. Analisis kebutuhan ini dilakukan dengan cara wawancara dengan guru Biologi SMA Negeri 1 Kediri, dan menyebar Angket kepada siswa SMA Negeri 1 Kota Kediri. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket terhadap siswa dan wawancara terhadap guru, kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) 96% media pembelajaran sangat diperlukan saat kegiatan belajar mengajar untuk membantu pemahaman siswa pada materi keaneragaman hayati tumbuhan, (2) 88% siswa memerlukan visualisasi gambar secara langsung bentuk dari keaneragaman hayati tumbuhan tingkat varietas, (3) 28% wawasan pemahaman siswa terkait contoh-contoh keaneragaman hayati tumbuhan tingkat varietas belum tergambar secara nyata apabila hanya disajikan materi pada PPT dan buku ajar dari sekolah, (4) 96% media pembelajaran poster keaneragaman hayati tumbuhan yang terdapat dilingkungan sekitar perlu dikembangkan sebagai penunjang belajar yang memuat contoh keaneragaman tingkat varietas pada materi keaneragaan hayati tumbuhan.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2021 Aluna Munsofia, Sulistiono, Budhi Utami