Peningkatan Motivasi Menulis Artikel pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Nusantara PGRI Kediri Menggunakan Metode Role Play pada Mata Kuliah Dasar-Dasar Pendidikan

Keywords

Metode Role Play
motivasi
menulis artikel

How to Cite

Seno , A. A. ., & Utami, B. . (2024). Peningkatan Motivasi Menulis Artikel pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Nusantara PGRI Kediri Menggunakan Metode Role Play pada Mata Kuliah Dasar-Dasar Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 3(1), 600–604. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/seinkesjar/article/view/4581

Abstract

Proses pembelajaran yang tepat dan menyenangkan akan membantu peserta didik dalam mengembangkan kemampuan yang dimilikinya. Metode bermain peran atau Role Play merupakan salah satu metode yang bisa mengantarkan peserta didik kedalam pembelajaran yang menyenangkan serta akan mendapatkan motivasi dari peran yang dimainkannya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Universitas Nusantara PGRI Kediri dalam menulis artikel dengan Metode Role Play. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah 28 mahasiswa tingkat 2 Program Studi Pendidikan Biologi. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket yang berjumlah delapan butir pertanyaan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengolahan statistik deskriptif. Dari studi pendahuluan ditemukan dimana motivasi mahasiswa dalam menulis artikel masih rendah dilihat dari pengalaman mahasiswa dalam menulis artikel ada 76% mahasiswa belum pernah menulis artikel sedangkan 24% mahasiswa sudah pernah menulis artikel sebelumnya. Dari hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan motivasi mahasiswa dalam menulis artikel dilihat dari ketepatan waktu dalam mengumpulkan artikel memiliki presentase 96% dengan kategori tinggi, motivasi mahasiswa berprofesi sebagaimana yang diperankan ketika menulis artikel pendidikan dalam pembangunan memiliki presentase 96% dengan kategori tinggi, kebermanfaatan menulis artikel bagi mahasiswa memiliki presentase 100,00% dengan kategori tinggi, keinginan mahasiswa untuk terus mengembangkan dalam menulis artikel memiliki presentase 96,00% dengan kategori tinggi. 

References

Aris Shoimin. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar Ruzz Media

Huda, Khoirul. 2015. Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Melalui Metode Role

Kartini. 2007. Penggunaan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Minat Siswa dalam Pembelajaran Pengetahuan Sosial di Kelas V SDN Cileunyi I Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Jurnal Pendidikan Dasar. Bandung

Komalasari, Kokom. 2011. Pembelajaran Kontekstual, Bandung: Refika Aditama

Choirul. 2015. Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Melalui Metode Role Playing. Vol. 16 no. 3 , Juli 2015. Didaktikum Jurnal PTK.

Sabri. 2005. Strategi Belajar Mengajar Micro Teaching, Jakarta: PT. Ciputat Press

Sanjaya, W. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sukardi. 2003. Metodologi penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. PT Bumi Aksara.

Wulandari, M. 2014. Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Melalui Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Vol 2. 1 November 2014. Jurnal Ilmiah PPKN IKIP Veteran Semarang

Downloads

Download data is not yet available.