Abstract
Selama kegiatan belajar mengajar guru dan siswa mengalami hambatan tentang pelajaran Bahasa Indonesia pada materi menulis puisi. Siswa kesulitan dalam memahami bagaimana cara menulis puisi dengan baik. Hal tersebut disebabkan karena kurangnya contoh puisi dalam buku tema, kurangnya alat peraga yang berhubungan dengan materi pembelajaran puisi, kurangnya literasi siswa dalam hal puisi, guru kurang memberikan metode dan model pembelajaran yang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan media yang digunakan untuk menunjang pembelajaran pada materi menulis puisi. Metode pengambilan data yang digunakan adalah angket guru, siswa dan wawancara. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kraton Mojo Kabupaten Kediri dengan menyebarkan angket guru,siswa dan wawancara. Berdasarkan hasil wawancara serta pemberian angket yang dilakukan pada guru diperoleh informasi bahwa anak-anak kurang berminat dengan pelajaran Bahasa Indonesia pada materi menulis puisi, kurangnya media pembelajaran disekolah sehingga nilai siswa menulis puisi kurang sesuai yang diharapkan oleh guru karena banyak kendala yang dihadapi siswa dalam penulisan puisi. Sedangkan pada wawancara dan angket siswa diperoleh informasi bahwa siswa tidak tertarik pada materi menulis puisi, pemahaman menulis puisi pada siswa masih banyak kekurangan. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan dapat diketahui bahwa guru dan siswa membutuhkan media pembelajaran pada materi menulis puisi agar dapat menunjang pemahaman siswa pada materi tersebut.
References
Hamid, Abi., Mustofa. 2020. Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita menulis
Setyosari, P. 2014. Menciptakan Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 1 (1): 20-30.
Susiani, T.S., Salimi, M., & Hidayah R. (2022). Elementary Education https://jbasic.org/index.php/basicedu,6(2), 1637-1644.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2023 Nesti Winda Wati, Mumun Nurmiawati, Karimatus Saidah