Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Microsoft Sway pada Pembelajaran IPA Materi Sistem Peredaran Darah Manusia di Kelas V Sekolah Dasar
PDF

Keywords

pengembangan
multimedia
microsoft sway
IPA
peredaran darah manusia

How to Cite

Putra, A. R. ., Aka, K. A. ., & Saidah, K. . (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Microsoft Sway pada Pembelajaran IPA Materi Sistem Peredaran Darah Manusia di Kelas V Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 2(1), 73–77. https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v2i1.2996

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi dan pengalaman peneliti, bahwa dalam proses pembelajaran yang terjadi di dalam kelas terdapat permasalahan dalam hal penggunaan media pembelajaran. Dalam pembelajaran hanya menggunakan metode ceramah dan cederung menggunakan buku paket sebagai sarana dalam mengajar tanpa menggunakan media. Dampak dari masalah tersebut adalah sebagian besar siswa kurang memahami isi materi pembelajaran terutama pada materi peredaran darah pada manusia. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengetahui prosedur pengembangan, kevalidan, kepraktisan, dan efektivitas multimedia berbasis Microsoft sway di SDN Tunge 2 kelas V pada mata pelajaran IPA Materi Sistem Peredaran Darah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada penelitian R&D (Research and Development) dengan model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Lee & Owens (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data dalam penelitian ini diperoleh melalui validasi ahli materi, ahli media, respon guru dan respon siswa. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Multimedia Microsoft Sway mendapatkan nilai rata-rata 85,25% dari dosen ahli materi dan ahli media, artinya bahan ajar yang dibuat sudah valid. (2) Multimedia Microsoft Sway dinyatakan praktis dan memperoleh nilai rata-rata 89,5 % artinya multimedia yang dibuat sudah praktis digunakan. (3) Multimedia Microsoft Sway dinyatakan efektif diperoleh dari rata-rata nilai siswa sebanyak 83,5% siswa memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM).

https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v2i1.2996
PDF

References

Ardian, K. 2020. Pentingnya Menerapkan Social Distancing Demi Mencegah COVID-19. Alodokter. Com.

Fajriani, Dian. 2019. Penerapan Metode Tebak Kata Pada Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah 43 Batulotong Kecamatan Larompong Kabupaten Luwu. 1(2), 93-102. Diakses 19 September 2021. dari Institut Agama Islam Negeri Palopo.

Haryono, H., Ambarwati, T., & Sukardjo, J. S. 2014. Penerapan Metode Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dilengkapi Media Macromedia Flash untuk Meningkatkan Kreativitas dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI IPA 4 SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia, 3(1), 58-64.

Setiawan, F. A., & Raharjo, M. 2022. Media Powerpoint Berbasis Model Contextual Teaching and Learning di SDN 68 Palembang. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 9(1).

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2023 Ardiansyah Risma Putra, Kukuh Andri Aka, Karimatus Saidah

Downloads

Download data is not yet available.