Pengembangan Media Digital Kartu Genetik (Medikagen) Pada Mata Pelajaran IPA Sistem Pencernaan Manusia Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas V SDN 2 Tenggong Kab.Tulungagung
PDF

Keywords

Media Digital Kartu Genetik (MEDIKAGEN)
Sistem pencernaan manusia

How to Cite

Saputri, R. A. ., Wenda, D. D. N. ., & Putri, K. E. . (2024). Pengembangan Media Digital Kartu Genetik (Medikagen) Pada Mata Pelajaran IPA Sistem Pencernaan Manusia Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas V SDN 2 Tenggong Kab.Tulungagung. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 3(1), 527–353. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/seinkesjar/article/view/4562

Abstract

 

Penelitian ini dilatarbelakangi siswa kelas V masih kurang memahami materi, hanya diam, merasa cepat bosan, kurang tertarik pada pembelajaran, merasa kurang motivasi disebabkan kurangnya penggunaan media yang berfungsi sebagai pendamping belajar siswa, yang menunjang pembelajaran. Tujuan Penelitian menghasilkan media pembelajaran, untuk membuktikan kelayakan media pembelajaran ditinjau dari kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Reseacrh and Development (R&D) dengan model ADDIE yaitu Analisis, Design, Development, Implementasi, Evaluasi. Instrumen yang digunakan ada dua yaitu menggunakan angket dan hasil akhir belajar siswa. Hasil dari penelitian pengembangan media digital kartu genetik pada mata pelajaran IPA organ dan fungsi pencernaan manusia untuk siswa sekolah dasar kelas V sdn 2 tenggong kab. Tulungagung adalah sebagai berikut: (1) Hasil validitas media digital kartu genetik diperoleh 82,5% sangat valid. (2) Hasil angket respon guru dan siswa pada uji terbatas diperoleh persentase rata-rata 95,5% kategori praktis, sedangkan hasil angket respon guru dan siswa pada uji luas diperoleh persentase rata-rata 96,5% kategori praktis. (3) Hasil belajar siswa melalui soal evaluasi dengan menggunakan media digital kartu genetik pada uji coba terbatas diperoleh persentase 91%, sedangkan hasil belajar siswa pada uji coba luas diperoleh persentase 87 % kategori efektif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa media digital kartu genetik valid, praktis dan efektif dapat digunakan dalam pembelajaran.

PDF

References

Sani, A. R. 2019. Strategi belajar mengajar. Depok:PT Raja Grafindo Persada.

Maimunawati, Siti & Alif. 2020. Peran Guru, Orang Tua, Metode dan Media Pembelajaran: Strategi KBM di Masa Pandemi Covid-19. Serang: 3M Media Karya Serang.

Sardiman. 2018. Interaksi dan Motivasi Belajar mengajar. Depok: Rajawali Pers

Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan, Jenis, Metode dan Prosedur, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Undang-undang Dasar Republik Indonesia. 1945 Pasal 31 Ayat 1: Sistem Pendidikan Nasional (Online)

Downloads

Download data is not yet available.