Abstract
IPA merupakan salah satu mata Pelajaran yang diajarkan pada semua jenjang Pendidikan, mulai dari sekolah dasar (SD/MI), sekolah menengah (SMP/MTS), sekolah atas (SMA/MA), bahkan sampai perguruan tinggi. Bahan ajar adalah bahan atau materi Pelajaran yang disusun secara sistematis yang digunakan guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui kebutuhan bahan ajar LKPD pada materi cahaya (2) untuk mengetahui bahan ajar LKPD yang kreatif dan inovatif. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskripsi kualitatif subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik siswa kelas V SDN Gayam 3 yang berjumlah 28 siswa. Instrumen dalam penelitian ini yaitu observasi wawancara guru kelas V, dan angket serta Teknik analisis data berupa triangulasi data berdasarkan hasil penelitian. Diperoleh hasil bahwa (1) dibutuhkannya bahan ajar LKPD pada materi Cahaya (2) dibutuhkan LKPD yang kreatif dan inovatif agar mampu memotivasi belajar siswa.
References
Ahmad, S., Guru Sekolah Dasar, P., & Negeri Padang, U. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis QR Code Pada Materi Volume Bangun Ruang dan Perpangkatan Serta Penarikan Akar Pangkat Tiga Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD. Basic Education Studies, 4(1), 2584–2600.
Firdaus, M., & Wilujeng, I. 2018. Pengembangan LKPD inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(1), 26–40. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i1.5574
Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Ayu Amalia, D., & Muhammadiyah Tangerang, U. 2020. Analisis Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 311–326. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Putri, K. E., Nurmilawati, M., & Zunaidah, F. N. (2023). Developing an Integrated Mathematics and Science Module with Merdeka Curriculum for Elementary School. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(4), 5573-5582.
Rahinosiwi, U. H. W., & Mulyadi, S. K. (2019). Analisis Hasil Belajar Siswa Berdasar Kkm Dalam Pembelajaran Tematik Integratif Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri 02 Ploso Jumapolo (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Setianungrum, Sri, & Sulistya, N. 2016. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui Discovery Learning Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. JPD (Jurnal Pendidikan Dasar), P-ISSN 2086-7433 P-ISSN 2549-5801
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.
Wilujeng, I. 2016. Pengembangan Petunjuk Praktikum Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Practical Skills Siswa Smp Development. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 147(March), 11–40.