Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Prambon pada Pembelajaran Biologi
PDF

Keywords

Motivasi belajar
Peserta didik
Pembelajaran biologi

How to Cite

Nabila, M. A. S. ., Rahmawati, . I. ., Utami, B. ., & Widayati, W. . (2024). Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Prambon pada Pembelajaran Biologi. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 3(1), 477–481. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/seinkesjar/article/view/4554

Abstract

Kurikulum merdeka mendorong pendekatan pembelajaran yang lebih berpusat pada peserta didik. Peserta didik diharapkan untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran dan memperoleh pemahaman yang mendalam. Proses pembelajaran akan berhasil jika peserta didik mempunyai motivasi dalam belajar. Motivasi belajar peserta didik kelas XI-2 SMAN 1 Prambon belum pernah diamati, sehingga perlu dilakukan penelitian. Metode   penelitian   yang   digunakan   berupa   metode   survey partisipatif menggunakan  angket motivasi belajar melalui google form dengan lima indikator, yaitu Intrinsic motivation, Career motivation, Self-determination, Self-efficacy, dan Grade motivation. Penelitian dimulai bulan November–Desember 2023. Sampel penelitian ini  adalah  peserta didik SMAN 1 Prambon kelas XI-2. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa  nilai indikator motivasi belajar peserta didik kelas XI-2 terendah pada intrinsic motivation sebesar 53,6% dan indikator tertinggi terletak pada grade motivation sebesar 74%.

PDF

References

A'la, R., & Subhi, M. R. I. (2016). Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar Siswa. Madaniyah, 6(2), 242-259.

Bawaneh, A. K., Ahmad Nurulazam, M. Z., Salmiza, S., & Abd Ghani, K. (2012). Using Herrmann Whole Brain Teaching Method To Enhance Students’ Motivation Towards Science Learning. Journal of Turkish science education, 9(3), 3-22.

Glynn, S. M., Brickman, P., Armstrong, N., & Taasoobshirazi, G. (2011). Science motivation questionnaire II: Validation with science majors and nonscience majors. Journal of research in science teaching, 48(10), 1159-1176.

Jainuddin, J., & Sirajuddin, S. (2020). Pengaruh Minat dan Kedisiplinan Siswa dengan Gaya Kognitif Field Indefendent terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK Farmasi Yamasi Makassar.Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika,9(2).

Meinda, M. S., & Munanjar, A. (2023). Peranan Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik:(Studi Pada Guru–Guru Di SMP Van Lith). Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Komunikasi, 3(3), 178-192.

Pribadi, Yanwar. 2018. Banten Dalam Perspektif Konseling. Serang: A-Empat.

Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group

Sardiman, A. M. (2014). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar (cetakan ke 22).Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Suharni, S. (2021). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 172-184.

Suprihatin, S. (2015). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 73-82.

Downloads

Download data is not yet available.