Abstract
Evaluasi proses pembelajaran merupakan sarana pengembangan berkelanjutan dalam sistem pendidikan. Proses pembelajaran yang tepat akan membantu peserta didik dalam mengembangkan keterampilan dan kemampuan yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis peserta didik SMP Bina Insan Mandiri. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 69 siswa kelas IX SMP Bina Insan Mandiri. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen soal pilihan ganda untuk mengukur keterampilan berpikir kritis yang berjumlah sepuluh butir soal. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengolahan statistic deskriptif. Hasil penelitian menunjukan keterampilan interpretasi memiliki persentase 53,00% dengan kategori sedang, keterampilan analisis memiliki persentase 61,67% dengan kategori tinggi, keterampilan inferensi memiliki persentase 30,00% dengan kategori rendah, keterampilan eksplanasi memiliki persentase 20,00% dengan kategori sangat rendah. Kemampuan berpikir kritis siswa kelas IX SMP Bina Insan Mandiri saat pembelajaran daring secara keseluruhan memiliki rata-rata sebesar 45,7% termasuk dalam kategori sedang.
References
Agustine, J., & Nawawi, S. (2020). Analysis of science ten grades students’ critical thinking skills toward virus concepts. Indonesian Journal of Biology Education, 3(1), 7–11.
Alfin, M. B., Hidayati, Y., Hadi, W. P., & Rosidi, D. I. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Terhadap Pembelajaran Hypothetico-Deductive Reasoning Dalam Learning Cycle 7E. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(2), 75–81. http://journal.unesa.ac.id/index.php/jppipa
Ambarwati, M. R., & Sudibyo, E. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Materi Gerak Lurus Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP. Pensa E-Jurnal, 7(2), 196–200.
Anifatussaro, R., & Erman. (2019). Eligibility Of Research Instruments Analysis Of Application Discovery Learning In Science Learning Reviewed From Expert Opinion. Pensa E-Jurnal, 7(2), 195–199.
Arsal, Z. (2017). The Impact of Inquiry Based Learning on the Critical Thinking Dispositions of Pre-Service Science Teachers. International Journal of Science Education, 39(10), 1–13.
Astuti, N. H., Rusilowati, A., Subali, B., & Marwoto, P. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Model Polya Materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi Siswa SMP. Unnes Physics Education Journal, 9(1), 1–8. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej
Bunt, B., & Gouws, G. (2020). Using an artificial life simulation to enhance reflective critical thinking among student teachers. Smart Learning Environments, 7(12), 1–19. https://doi.org/10.1186/s40561-020-00119-6
Facione, P. A. (2020). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts.
Febriyanti, D., Sjaifuddin, & Biru, L. T. (2022). Analisis Proses Pembelajaran IPA Terpadu Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 Di SMP Kecamatan Sumur – Banten. PENDIPA Journal of Science Education, 6 (1), 218–225. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pendipa
Fitriani, N. I., & Setiawan, B. (2017). Efektivitas Modul IPA Berbasis Etnosains Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 2(2), 71–76.
Ichwanah, R. E., & Nurita, T. (2018). Penerapan Model Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Getaran Dan Gelombang. Pensa E-Jurnal, 6(2), 222–228.
Nugraha, A. J., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar melalui Model PBL Abstrak. Journal of Primary Education, 6(1), 35–43.
Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(2), 155–158.
Pradana, D., Nur, M., & Suprapto, N. (2020). Improving Critical Thinking Skill of Junior High School Students through Science Process Skills Based Learning. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(2), 166–172. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i2.428
Ridho, S., Ruwiyatun, Subali, B., & Marwoto, P. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pokok Bahasan Klasifikasi Materi dan Perubahannya. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 10–15. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.194
Riduwan. (2013). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru Karyawan dan Peneliti pemula. Alfabeta.
Ritdamaya, D., Suhandi, A., Sarjana, P., Pendidikan, J., Upi, F., & Setiabudhi, J. (2016). Konstruksi Instrumen Tes Keterampilan Berpikir Kritis Terkait Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(2), 87–96.
Rohmah, F. A., & Nurita, T. (2017). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP Pada Materi Getaran dan Gelombang. Pensa E-Jurnal, 5(3), 222–225.
Santoso, A.M., Primandiri, P.R, Amin, M. Zubaidah, S. 2021. Improving student collaboration and critical thinking skills through ASICC model learning. J. Phys.: Conf. Ser. 1806 012174
Spector, J. M., & Ma, S. (2019). Inquiry and critical thinking skills for the next generation : from artificial intelligence back to human intelligence. Smart Learning Environments, 6(8), 1–11. https://doi.org/10.1186/s40561-019-0088-z
Sukardi (2003). Metodologi penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. PT Bumi Aksara.
Suja, I. W. (2020). Keterampilan Proses Sains dan Instrumen Pengukurannya (Nuraini (ed.); 1st ed.). PT Raja Grafindo Persada.
Vong, S. A., & Kaewurai, W. (2017). Instructional model development to enhance critical thinking and critical thinking teaching ability of trainee students at regional teaching training center in Takeo province , Cambodia. Kasetsart Journal of Social Sciences, 38(1), 88–95. https://doi.org/10.1016/j.kjss.2016.05.002
Wahyuni, A. S. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 118–126. http://ejournal.tsb.ac.id/index.php/jpm/index