Analisis Pengembangan Keterampilan Metakognitif Siswa Kelas X-10 pada Pembelajaran Biologi di SMAN 1 Kediri
PDF

Keywords

Berpikir Kreatif
Learning Loss
Metakognisi
Pembelajaran Biologi

How to Cite

Kumalasari, S. F. ., Pujiadi, N. ., Utami, B. ., Santoso, A. M. ., & Primandiri, P. R. . (2022). Analisis Pengembangan Keterampilan Metakognitif Siswa Kelas X-10 pada Pembelajaran Biologi di SMAN 1 Kediri. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 2(1), 146 –. https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v2i1.3010

Abstract

Dampak Covid-19 telah membawa perubahan pada sistem pendidikan, sehingga mengharuskan proses pembelajaran berlangsung secara jarak jauh (online). Pembelajaran jarak jauh menjadi celah yang menyebabkan sistem pembelajaran ini kurang efektif dan akan berdampak pada learning loss. Pembelajaran biologi memberikan pengalaman untuk melatih keterampilan berpikir akibat learning loss tersebut. Keterampilan berpikir kritis ini merupakan salah satu target pendidikan abad 21 dengan mengembangkan keterampilan metakognisi siswa. Metakognitif merupakan salah satu strategi yang tepat untuk menentukan keefektifan pembelajaran, karena memungkinkan siswa merencanakan strategi, kemudian melakukan pemantauan serta mengendalikan dan melakukan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengukuran dan melihat hasil kemampuan berpikir kritis guna mengetahui pengembangan metakognisi siswa kelas X-10 di SMA Negeri 1 Kediri pada pembelajaran biologi. Subjek penelitian ini adalah 33 siswa kelas X-10 di SMAN 1 Kediri. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis pendekatan deskriptif kualitatif yaitu metode survei partisipatif dengan pengisian angket Metacognitive Awareness Inventory (MAI) oleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan metakognisi siswa kelas X-10 di SMAN 1 Kediri dari 5 faktor terdapat nilai persentase yang cukup rendah. Hasil perolehan persentase siswa untuk faktor Information Management Strategies adalah yang paling rendah dengan persentase 70%, sedangkan persentase tertinggi dengan nilai 86% pada Strategi Debugging. Faktor yang lainnya seperti Monitoring dengan nilai persentase 77%, Knowledge Prosedural dengan nilai persentase 78%, Conditional Knowledge dengan nilai 84%, Planning dengan persentase 82%, dan Evaluation dengan nilai 72 %. Berdasarkan hasil penelitian, siswa perlu meningkatkan kemampuan kognitif terutama pada Information Management Strategies (IMS) atau strategi mengelola informasi guna mengembangkan keterampilan berpikirnya.

https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v2i1.3010
PDF

References

Agnafia, D. N. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI. Florea : Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 6(1), 45. https://doi.org/10.25273/florea.v6i1.4369

Arrias, J. C., Alvarado, D., & Calderón, M. (2019). Florea Volume, 6(1), 5–10. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/florea.v6i1.4369

Damayanti, B. P., Aini, A. N., Wulandari, K. F. N., & Primandiri, P. R. (2021). Pentingnya Pengembangan Kemampuan Metakognitif Siswa Kelas XI MIPA Pada Pembelajaran Biologi Di SMAN 7 Kediri. Sinkesjar, 156–168.

Feiz, J. P. (2016). Metacognitive Awareness and Attitudes toward Foreign Language Learning in the EFL Context of Turkey. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 232, 459–470. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.10.063

Hayatun, S., Abu, N., & Rahman, N. A. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran terhadap Kesadaran Metakognitif dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMAN 13 Makassar pada Materi Sistem Koloid The Influence of Learning Strategies towards Metacognitive Awareness and Learning Outcomes of Students at Class . 37–46.

Hindun, I., Nurwidodo, N., & Wicaksono, A. G. C. (2020). Metacognitive awareness components of high-academic ability students in biology hybrid learning: Profile and correlation. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 6(1), 31–38. https://doi.org/10.22219/jpbi.v6i1.11097

Li, C., & Nietfeld, J. L. (2007). College students’ metacognitive awareness of difficulties in learning the class content does not automatically lead to adjustment of study strategies. Australian Journal of Educational and Developmental Psychology, 7(678), 31–46.

Listiana, L., Daesusi, R., & Soemantri, S. (2019). Peranan metakognitif dalam pembelajaran dan pengajaran biologi di kelas. Symposium of Biology Education (Symbion), 2(December 2019). https://doi.org/10.26555/symbion.3504

Munir, N. P. (2018). Pengaruh Kesadaran Metakognitif terhadap Motivasi Belajar dan Kaitannya dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri di Kota Pare-Pare. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 4(2), 117–128. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v4i2.256

Nuryana, E. (2012). Hubungan Keterampilan Metakognisi Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Reaksi Reduksi Oksidasi (Redoks) Kelas X-1 Sma Negeri 3 Sidoarjo. UNESA Journal of Chemical Education, 1(1), 83–91. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/journal-of-chemical-education/article/view/159/95

Özsoy-Güneş, Z., Güneş, İ., Derelioğlu, Y., & Kırbaşlar, F. G. (2015). The Reflection of Critical Thinking Dispositions on Operational Chemistry and Physics Problems Solving of Engineering Faculty Students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 174, 448–456. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.688

Primasari YA, Anggraini R., Wibowo BCA, Primandiri PR, Santoso AM. 2015. Practicing Lesson Study Based on Group Investigation Learning Model with Local Materials in Ecosystem to Improve Metacognition Skills and Cognitive Learning Outcomes of Graders X at SMAN 1 Mojo Kediri.Prosiding Seminar Nasional Biologi Universitas Sebelas Maret, 12(1), 202-206.

Rajib, M., & Puspita Sari, A. (2022). Potensi Learning Loss di SMA Negeri 4 Polewali Selama Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. BIOMA: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 4(1), 40–48. https://doi.org/10.31605/bioma.v4i1.1592

Rinaldi. (2017). Kesadaran Metakognitif. Jurnal RAP UNP, 8(1), 79–87. ejournal.unp.ac.id/index.php/psikologi/article/download/7954/6073%0Ahttp://ejournal.unp.ac.id./index.php/psikologi/article/view/7954/6073

Schraw, G., & Dennison, R. S. (1994). Assessing metacognitive awareness. In Contemporary Educational Psychology (Vol. 19, Issue 4, pp. 460–475). https://doi.org/10.1006/ceps.1994.1033

Schraw, G., & Moshman, D. (1995). Metacognitive theories. Educational Psychology Review, 7(4), 351–371. https://doi.org/10.1007/BF02212307

Sumadyo, M., & Purwantini, L. (2018). Penilaian Kemampuan Metakognitif Siswa Sma Dengan. Seminar Nasional Sinergi Energi Dan Teknologi, 81–88.

Tiruneh, D. T., De Cock, M., Weldeslassie, A. G., Elen, J., & Janssen, R. (2017). Measuring Critical Thinking in Physics: Development and Validation of a Critical Thinking Test in Electricity and Magnetism. International Journal of Science and Mathematics Education, 15(4), 663–682. https://doi.org/10.1007/s10763-016-9723-0

Zulfikar, R. N. (2019). Analisis Strategi Metakognitif Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Ilmiah Iqra’, 13(1), 64. https://doi.org/10.30984/jii.v13i1.937

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2023 Silvi Fitria Kumalasari, Nyoto Pujiadi, Budhi Utami, Agus Muji Santoso, Poppy Rahmatika Primandiri

Downloads

Download data is not yet available.