Karakterisasi Tanaman Kedoya (Dysoxylum gaudichaudianum) di Kabupaten Kediri
PDF

Keywords

tanaman
D. gaudichaudianum
perbedaan
karakter

How to Cite

Setyana, P. E. W. ., Primandiri, P. R. ., Santoso, A. M. ., & Nurmilawati, M. . (2022). Karakterisasi Tanaman Kedoya (Dysoxylum gaudichaudianum) di Kabupaten Kediri. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 2(1), 503 –. https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v2i1.3066

Abstract

Tanaman Kedoya dengan nama ilmiah Dysoxylum gaudichaudianum merupakan tanaman berkayu yang termasuk dalam famili Meliaceae.Daun dan kulit batang Dysoxylum sp. digunakan sebagai obat untuk mengobati anggota badan yang kaku, kelainan bentuk wajah pada anak-anak, benjolan di bawah kulit, dan iritasi lainnya, dan sebagai obat untuk penyakit menular seksual. Khasiat lain dari kedoya dapat mengurangi kejang-kejang, daunnya dapat dijadikan jus untuk membantu proses melahirkan, dan dapat digunakan sebagai obat TBC. Di Kabupaten Kediri¸tanaman ini ditemukan di Desa Jambean dan Desa Pelas, Kecamatan Kras. Tujuan dari penelitian karakterisasi tanaman D. gaudichaudianum adalah untuk mendeskripsikan secara morfologi bagian batang, daun, buah, biji agar data yang diperoleh dapat menambah wawasan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pengambilan sampel secara sengaja (purposive sampling). Karakter yang diidentifikasi adalah bagian batang, daun, buah, biji. Dari beberapa karakter tersebut terdapat karakter khusus dari tanaman D. gaudichaudianum yaitu pada bagian permukaan daun memiliki bulu halus seperti beludru begitu pula dengan permukaan kulit buahnya.

https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v2i1.3066
PDF

References

Chen, J. L., Kernan, M. R., Jolad, S. D., Stoddart, C. A., Bogan, M., & Cooper, R. (2007). Dysoxylins A− D, Tetranortriterpenoids with Potent Anti-RSV Activity from Dysoxylum gaudichaudianum. Journal of natural products, 70(2), 312-315.

Ferita, I., Tawarati, T., & Syarif, Z. (2015). Identification and characterization of enau plant (Arenga pinnata) in Gayo Lues. In Prosiding Seminar Nasional Masyarakat Biodiversitas Indonesia (Vol. 1, No. 1, pp. 31-37).

Herlina, N. (2020). Inventarisasi Jenis Tumbuhan Berkhasiat Obat di Zona Rehabilitasi Blok Pasir Batang Taman Nasional Gunung Ciremai. Prosiding, 9(1).

Liunokas, Angreni Beaktris, and Agsen Hosanty Susana Billik. 2021. “Pengembangan Buku Ajar Karakteristik Morfologi Tumbuhan Untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Mengidentifikasi Jenis Tumbuhan.” Jurnal Basicedu.

Tukiran, T. (2009). Several Compounds Isolated from Stem Bark of Kedoya (Dysoxylum gaudichaudianum (A. Juss.) Miq.)(Meliaceae). Jurnal Ilmu Dasar, 10(2), 236-244.

Tjitrosoepomo,G. 2020. Morfologi Tumbuhan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2023 Putri Eka Wahyu Setyana, Poppy Rahmatika Primandiri, Agus Muji Santoso, Mumun Nurmilawati

Downloads

Download data is not yet available.