Karakterisasi Tanaman Pakel di Kabupaten Kediri
PDF

Keywords

Pakel
karakterisasi
identifikasi
morfologi
mangga

How to Cite

Sari, R. P. ., Rahmawati, I. ., Primandiri, P. R. ., & Santoso, A. M. . (2022). Karakterisasi Tanaman Pakel di Kabupaten Kediri. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 2(1), 569 –. https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v2i1.3076

Abstract

Tumbuhan pakel merupakan salah satu tumbuhan yang berkerabat dekat dengan mangga. buah ini sudah jarang diminati dan dikonsumsi oleh masyarakat karena memiliki serat buah yang kasar, dan bau yang sangat menyengat. selain itu pohon pakel baru bisa berbuah saat pohon sudah berumur sekitar 4 tahun. mungkin karena hal itulah yang membuat pakel saat ini menjadi langka. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui karakter tanaman Pakel yang ada di kabupaten Kediri. Penelitian ini dilakukan dengan metode purposive sampling, pengambilan sampel dilakukan dengan sengaja. setelah pengambilan sampel tanaman, lalu diidentifikasi dan dicandra untuk mencari karakteristik morfologi mulai dari akar, batang, daun dan buah. Karakter dari pakel yaitu apabila buah sudah matang memiliki aroma wangi segar yang khas dan sangat menyengat , memiliki daging buah tebal sangat berserat,ukuran buah besar seperti bentuk telur, Tangkai pada buah Berwarna merah, warna kulit buah hijau serta ada bintik-bintik hitam di kulit buah, kulit buah memiliki banyak getah tapi jika buah sudah matang getahnya akan berkurang, getah berwarna merah kental dan lengket.

https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v2i1.3076
PDF

References

Andre Dadang. 2017. Harumnya Buah Pakel Si Asal Mula Lahirnya Desaku. From pakel-gucialit.lumajangkab.go.id link:

https://pakel-gucialit.lumajangkab.go.id/index.php/first/artikel/41Buah-pakel

Angelin Thiodore Mone. 2013. Aktivitas Antimikrobia Daun Mangga (Mangifera Indica L) Terhadap Escherichia colli dan Staphylococcus aureus. Skripsi. Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur.

Chairil Ezward, Irfan Suliansyah, Nalwida Rozen dan Indra Dwipa. 2020. Identifikasi Karakter Vegetatif Beberapa Genotipe Padi Lokal Kabupaten Kuantan Singingi. Menara Ilmu, 14 (2): 12-22.

Indra Rizky (2021). Inilah 6 manfaat buah limus bagi kesehatan tubuh. link: https://www.lemonilo.com/blog/inilah-6-manfaat-buah-limus-bagi-kesehatan-tubuh

Lukmandaru, G., K. Vembrianto, dan A.A. Gazidy. 2012. Aktivitas antioksidan ekstrak methanol kayu Mangifera Indica L. , Mangifera Foetida Lour, dan Mangifera Odorata Griff. Jurnal Ilmu Kehutanan.

Natawidjaja.1985. Mengenal buah-buahan yang bergizi.edisi 1. Jakarta.: pustaka dian.hlm.58

Orwa, C., Mutua, A., Kindt, R., Jamnadass, R. and Anthony, S. 2009. Agroforestree Database: A tree reference and selection guide version 4.0. Retrieved July 17, 2017, from http://www.worldagroforestry.org/sites/treedbs/treedatabases.asp.

Trimanto. Karakterisasi Dan Jarak Kemiripan Uwi (Doscorea alata L.) Berdasarkan Penanda Morfologi Umbi. Buletin Kebun Raya, 15 (1): 1-12

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2023 Ratna Puspita Sari, Ida Rahmawati, Poppy Rahmatika Primandiri, Agus Muji Santoso

Downloads

Download data is not yet available.